Rakyat Iran Rayakan Asyura

Kompas.com - 16/12/2010, 18:43 WIB
EditorJosephus Primus
TEHERAN, KOMPAS.com — Jutaan rakyat Iran memukuli diri sendiri dengan tinju dan rantai untuk merayakan puncak peringatan Asyura pada Kamis (16/12/2010), sehari setelah peristiwa bom bunuh diri yang menewaskan 33 orang dalam rangkaian ritual berkabung paling dihormati oleh kelompok Islam Syiah. Pria, wanita, dan anak-anak berpakaian serba hitam berkumpul di kota-kota di Iran saat rangkaian perayaan 10 hari ritual berkabung atas kematian Imam Hussein, imam ketiga, mencapai puncaknya.

Seorang cucu laki-laki Nabi Muhammad, Imam Hussein, dibunuh oleh bala tentara khalifah Yazid pada 680 Masehi. Dalam tradisi itu dikisahkan bahwa ia dipenggal kepalanya dan tubuhnya dimutilasi dalam sebuah pertempuran di Karbala, sekarang di Irak.

Televisi Pemerintah Iran menyiarkan secara langsung prosesi Asyura di ibu kota Teheran, kota kedua Masyhad, pusat ulama Syiah Qom dan kota-kota kecil Yazd, Bam, dan Ardebil. Presiden Mahmoud Ahmadinejad menghadiri pertemuan di Teheran selatan.

Peringatan itu diselenggarakan sehari setelah seorang pelaku bom bunuh diri dari kelompok gerilyawan Sunni, Jundallah, menewaskan 33 orang jemaah setia yang sedang turut ambil bagian dalam prosesi Ashura kota bagian tenggara, kota Chabahar. Kelompok itu mengatakan, mereka berjuang untuk hak-hak etnis Sunni, masyarakat Baluchi, terhadap rezim Syiah.

Proses Asyura tahun lalu dibayangi oleh pembunuhan delapan demonstran oposisi di Teheran yang berusaha untuk tetap melakukan aksi unjuk rasa di jalanan untuk memperjuangkan sengketa hasil resmi pemilihan umum yang memberikan kemenangan kepada Ahmadinejad pada Juni.

Sekitar 15 persen dari Muslim di seluruh dunia adalah penganut Syiah. Populasi mayoritas mereka terdapat di Iran, Irak, dan Bahrain, dan membentuk komunitas signifikan di Afganistan, Lebanon, Pakistan, dan Arab Saudi.

 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.