Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Telepon Karzai

Kompas.com - 16/12/2010, 18:38 WIB

KABUL, KOMPAS.com — Presiden Barack Obama membahas tinjauan Amerika Serikat mengenai perang di Afganistan dengan mitranya di Afganistan, Hamid Karzai, pada Kamis (16/12/2010). Kedua belah pihak menekankan pembahasan pada lokasi-lokasi persembunyian teroris, menurut Kabul.

Ungkapan itu tampaknya merujuk pada kawasan semiotonom sabuk suku-suku di Pakistan yang terletak di perbatasan Afganistan, yang menjadi markas kelompok Taliban beroperasi di Afganistan dan menjadi markas global Al Qaeda. Obama menelepon Karzai dan dua pemimpin sepakat bahwa perbaikan keamanan di beberapa daerah harus dibangun lebih lanjut, demikian pernyataan kantor Karzai.

Amerika Serikat, Kamis, diharapkan menyampaikan jika strategi perang sembilan tahunnya melawan gerilyawan Taliban berada di jalur tepat, dalam suatu telaah pasca-penambahan gelombang 30.000 prajurit Amerika Serikat tahun lalu ke Afganistan. "Kedua presiden sepakat bahwa keamanan telah terwujud di sejumlah wilayah di Afganistan dan bahwa perbaikan pada keamanan dan stabilitas di beberapa provinsi perlu konsolidasi," demikian pernyataan itu.

"Kedua presiden juga menekankan bahwa keberhasilan yang berkelanjutan memerlukan perhatian khusus pada lokasi-lokasi persembunyian teroris," lanjut pernyataan itu.     Pasukan yang dipimpin AS berjuang untuk mengatasi pemberontakan Taliban melawan pemerintah Karzai, yang didukung oleh Barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com