Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos Kartel La Familia Tewas di Tangan Polisi

Kompas.com - 16/12/2010, 04:11 WIB

mexico city, rabu - Presiden Meksiko Felipe Calderon, Selasa (14/12) di Mexico City, menjelaskan, pemimpin kartel La Familia, Nazario Moreno (40), tewas di tangan polisi. Moreno ditembak setelah polisi federal terlibat baku tembak selama dua hari dengan kelompok La Familia di barat Apatzingan, Negara Bagian Michoacan.

Kata Calderon, geng La Familia mengundang ratusan orang untuk pesta pekan lalu di Apatzingan. Mereka menggelar pesta secara terang-terangan. Polisi mempelajari keadaan, tetapi aksi baku tembak akhirnya pecah saat polisi baru mulai melakukan investigasi. Para gengster sempat memblokade jalan dan membakar kendaraan. Namun, Moreno yang dijuluki ”The Craziest One” tewas seketika pada hari kedua aksi baku tembak.

Setelah Moreno dinyatakan tewas, para pengikutnya kabur. Mayat pemimpin kartel pun belum ditemukan. ”Hal yang terjadi adalah petugas telah berhasil memukul kartel La Familia, keberhasilan terbesar dalam sejarah,” kata Calderon. ”Anehnya, mereka membuat pesta dengan mengundang ratusan orang. Semua orang tahu pesta itu,” lanjutnya.

Calderon berbicara di hadapan Majelis Rendah Meksiko yang sedang melakukan voting. Sebanyak 384 anggota majelis setuju untuk mencabut status kekebalan anggota Kongres yang diduga kuat terlibat dengan jaringan La Familia.

Parlemen melindungi

Anggota parlemen, Cesar Godoy Toscano, menyangkal tuduhan meskipun beredar kaset yang memperlihatkan ia diduga telah melakukan chatting dengan seorang pria yang diidentifikasi sebagai pemimpin kartel.

Godoy Toscano sudah menghadapi tuduhan federal karena diduga melindungi La Familia. Meski demikian, anggota Kongres di Meksiko memiliki status kebal hukum, bebas dari penangkapan oleh polisi selama mereka masih berstatus anggota Kongres. Namun, setelah Calderon mengumumkan aksi penumpasan geng La Familia, hasil voting di Kongres memutuskan untuk memecat Toscano dari keanggotaannya. Namun, Toscano mengajukan banding atas putusan pengadilan.

La Familia telah menjadi yang paling flamboyan dari kartel narkoba Meksiko. Geng ini mengklaim bahwa mereka berusaha melindungi Michoacan—negara bagian asal Calderon—dari kartel lain dan kriminal umum. Pesan itu muncul di spanduk dan dalam wawancara dengan media.

Geng La Familia tampaknya tidak terpengaruh insiden yang menewaskan Moreno. Para simpatisan, sebagian di antaranya anak-anak, berulang kali melakukan aksi protes di Apatzingan dan ibu kota Morelia untuk mendukung kartel tersebut. Mereka mendesak agar polisi federal keluar dari wilayah mereka.

Kartel ini mengkhususkan diri pada metamfetamin dan dikenal sebagai salah satu geng paling ganas di Meksiko. La Familia muncul sebagai organisasi yang mandiri pada tahun 2006 setelah sempat bergabung dengan kartel Teluk. Aksi penyelundupan obat bius terjadi setiap hari di Meksiko. (AP/AFP/CAL)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com