Yogyakarta Siapkan Paket Murah

Kompas.com - 14/12/2010, 10:21 WIB
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Yogyakarta, Edwin Ismedi Himna menyatakan, para pelaku bisnis pariwisata di Yogyakarta telah menyiapkan paket wisata murah untuk menarik kunjungan wisatawan pada musim liburan akhir tahun dan liburan sekolah.

"Paket wisata murah ini merupakan bagian dari upaya untuk menarik kunjungan wisatawan ke Yogyakarta dan Jawa Tengah pada musim liburan akhir tahun dan musim liburan sekolah," kata Edwin ketika berbicara dalam travel dialog yang digelar di Balairung Gedung Sapta Pesona Jakarta, Senin (13/12/2010).

Acara travel dialog  yang digelar Java Promo dan difasilitasi Kemenbudpar pada kali ini menjadi momentum yang penting dalam mempercepat recovery pariwisata Yogyakarta dan Jawa Tengah pascaerupsi Merapi. Hadir dalam acara tersebut Sekditjen Kemenbudpar Winarna Sudjas, Ketua Harian Java Promo Yulianto, Pengurus PHRI Semarang Titin, serta para guru, kepala sekolah, dan siswa SMA/SMK di Jakarta.

Menurut Edwin, paket wisata murah ke Yogyakarta dengan biaya Rp 800 ribu untuk tiga hari dua malam, disertai makam, tour, dan antar jemput ke stasiun dan bandara ini menjadi salah satu solusi untuk menarik kunjungan  wisatawan, "Kami berharap wisatawan tetap memilih Yogyakarta sebagai tempat berlibur pada musim liburan natal dan tahun baru serta liburan semesteran sekolah, mendatang," kata Edwin.

Sementara itu Ketua Harian Java Promo, Yulianto merasa optimis pascabencana Merapi, Yogyakarta dan Jawa Tengah tetap menjadi destinasi favorit bagi wisatawan nusantara. "Kita berusaha menarik sebanyak mungkin wisatawan untuk berlibur ke Yogyakarta dan Jawa Tengah pada musim liburan akhir tahun dan liburan sekolah. Pariwisata Yogyakarta dan Jawa Tengah aman dikunjungi wisatawan," kata Yulianto.

Dikatakan, promosi bersama yang dilakukan 10 kabupaten di Jawa Tengah dan 5 kota dan kabupaten di Yogyakarta yang tergabung dalam Java Promo dilakukan di kota-kota besar sebagai sumber wisatawan, termasuk di Jabodetabek yang menjadi sumber wisatawan utama.

Selain mempersiapkan paket wisata murah, Pemerintah Provinsi DIY bersama pelaku industri pariwisata di Yogyakarta juga mempersiapkan paket wisata volcano tour atau lava tour yang menjadi daya tarik kuat bagi wisatawan untuk berkunjung ke Yogyakarta pada liburan tahun ini.

Setdirjen Pengembangan Destinasi Pariwisata Kemenbudpar, Winarno Sudjas menyatakan, kegiatan travel dialog yang diselenggarakan Java Promo setiap menjelang musim liburan sekolah sangat efektif dalam menjalin komunikasi dengan para calon pengguna jasa pariwisata khususnya di kalangan orang tua dan anak sekolah.

"Pada travel dialog kali ini mempunyai arti penting karena menjadi bagian dalam mempercepat recovery pariwisata di Yogyakarta dan Jawa Tengah pascaerupsi Merapi," tambah Winarno.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.