Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata Budaya Samosir Perlu Promosi

Kompas.com - 13/12/2010, 18:41 WIB

SAMOSIR, KOMPAS.com - Samosir yang terletak di Sumatera Utara merupakan kawasan wisata berbasis alam dan budaya Batak. Berbagai promosi Samosir sebagai kawasan wisata yang berdaya saing tinggi, aman, dan menarik untuk dikunjungi, akan diupayakan. Sehingga kondisi pariwisata Samosir dapat pulih.
 
"Nilai-nilai adat budaya untuk kepentingan peningkatan kepariwisataan akan terus digali dan dikembangkan, untuk selanjutnya dilestarikan," ujar Kadis Pariwisata Samosir, Melani Butarbutar, di Pangururan, Senin (13/12/2010).

Potensi pariwisata Samosir perlu dipromosikan sebagai tempat terbaik untuk berkunjung dengan kekayaan dan keindahan panoramanya. Hamparan pantai indah dan bukitnya yang megah, juga menjadi objek wisata yang menarik.

Melani mengatakan hal tersebut akan diwujudkan melalui penataan fasilitas objek wisata budaya dengan sarana dan prasarana yang baik. Sehingga Samosir menjadi destinasi wisata yang diminati dan dikenang.

Menurutnya, pengembangan kepariwisataan di daerah ini perlu ditetapkan dengan program khusus untuk menggambarkan arah pembangunan yang akan diselenggarakan, melalui berbagai kegiatan pokok yang harus dilaksanakan. Selain itu, keramahan penduduk bersama kebudayaannya yang unik dan menarik, termasuk situs dan peninggalan bernilai sejarah, harus tetap dijaga serta dilestarikan. Pariwisata sebagai industri penting yang dapat mendukung ekonomi masyarakat lokal.

Untuk itu, jaringan kerja dan aksesibilitas melalui pemanfaatan teknologi informasi, akan terus dikembangkan. Sehingga dapat mendorong laju pembangunan kawasan, serta peningkatan pelayanan wisata di seluruh wilayah Samosir.

"Sarana dan prasarana untuk terciptanya wisata yang  lancar, aman dan nyaman harus ditunjukkan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com