Wisata Budaya Samosir Perlu Promosi

Kompas.com - 13/12/2010, 18:41 WIB
EditorI Made Asdhiana

SAMOSIR, KOMPAS.com - Samosir yang terletak di Sumatera Utara merupakan kawasan wisata berbasis alam dan budaya Batak. Berbagai promosi Samosir sebagai kawasan wisata yang berdaya saing tinggi, aman, dan menarik untuk dikunjungi, akan diupayakan. Sehingga kondisi pariwisata Samosir dapat pulih.
 
"Nilai-nilai adat budaya untuk kepentingan peningkatan kepariwisataan akan terus digali dan dikembangkan, untuk selanjutnya dilestarikan," ujar Kadis Pariwisata Samosir, Melani Butarbutar, di Pangururan, Senin (13/12/2010).

Potensi pariwisata Samosir perlu dipromosikan sebagai tempat terbaik untuk berkunjung dengan kekayaan dan keindahan panoramanya. Hamparan pantai indah dan bukitnya yang megah, juga menjadi objek wisata yang menarik.

Melani mengatakan hal tersebut akan diwujudkan melalui penataan fasilitas objek wisata budaya dengan sarana dan prasarana yang baik. Sehingga Samosir menjadi destinasi wisata yang diminati dan dikenang.

Menurutnya, pengembangan kepariwisataan di daerah ini perlu ditetapkan dengan program khusus untuk menggambarkan arah pembangunan yang akan diselenggarakan, melalui berbagai kegiatan pokok yang harus dilaksanakan. Selain itu, keramahan penduduk bersama kebudayaannya yang unik dan menarik, termasuk situs dan peninggalan bernilai sejarah, harus tetap dijaga serta dilestarikan. Pariwisata sebagai industri penting yang dapat mendukung ekonomi masyarakat lokal.

Untuk itu, jaringan kerja dan aksesibilitas melalui pemanfaatan teknologi informasi, akan terus dikembangkan. Sehingga dapat mendorong laju pembangunan kawasan, serta peningkatan pelayanan wisata di seluruh wilayah Samosir.

"Sarana dan prasarana untuk terciptanya wisata yang  lancar, aman dan nyaman harus ditunjukkan," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.