Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Natal, Pesanan Tiket Pesawat Naik

Kompas.com - 12/12/2010, 08:51 WIB

MAKASSAR, KOMPAS.com — Pesanan tiket pesawat udara ke berbagai jurusan, terutama rute gemuk, menjelang Hari Raya Natal dan menyambut Tahun Baru 2011 melonjak.

"Kondisi itu dikhawatirkan bisa memicu kenaikan harga tiket pesawat secara keseluruhan," kata salah seorang staf penjualan tiket Kenari Travel di Makassar, Minggu (12/12/2010).

Tempat duduk di pesawat untuk pemberangkatan dari Makassar-Manado, Makassar-Jakarta-Medan, Makassar-Palu, dan Makassar-Luwuk rata-rata sudah dipesan sepekan sebelum Natal dan Tahun Baru.

Pemintaan yang cukup tinggi untuk jalur tersebut turut memengaruhi harga tiket. Sebagai gambaran, harga tiket Makassar-Palu biasanya hanya sekitar Rp 300.000, kini mencapai lebih dari Rp 500.000.

Sementara harga tiket Makassar-Ternate normalnya hanya Rp 350.000, pada masa pada penumpang ramai harganya menjadi Rp 700.000.

Demikian juga jurusan Makassar-Jakarta-Medan rata-rata tiketnya dijual di atas Rp 1,5 juta, padahal sebelumnya hanya sekitar Rp 1,2 juta.

Hal senada juga diungkapkan oleh staf penjualan tiket Manorian Travel, Dewi.

Pesanan tiket sejak bulan lalu sudah mulai banyak. Peningkatan pesanan tiket yang sudah dikonfirmasi itu mencapai 30-50 persen dari permintaan normal yang hanya mencapai ratusan permintaan per hari.

Tingginya permintaan tiket yang memicu kenaikan harga tiket pesawat diakui salah seorang penumpang tujuan Makassar-Manado, Vitje Monigir.

Tiket yang sudah dipesan tiga minggu sebelum Natal harganya mencapai Rp 900.000, padahal biasanya masih bisa seharga Rp 500.000-Rp 700.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com