Mochi, Si Kenyal yang Menggemaskan

Kompas.com - 12/12/2010, 07:02 WIB
EditorI Made Asdhiana

Oleh: Sarie Febriane dan Yulia Sapthiani

Mochi, kue beras ketan asal Jepang, kini tak cuma berisi kacang tanah. Belakangan, kue kenyal ini hadir dengan beragam rasa dan variasi. Rasa pandan, teh hijau, kacang merah, abon ayam, bahkan berisi es krim.

Saat ini mochi mudah dijumpai di beberapa mal, dengan aneka isi dan terkemas apik. Wujudnya juga tidak selalu bulat mungil. Bedaknya pun—supaya tak lengket satu sama lain—tak melulu tepung maizena.

Mochi yang dijual Mochi Mochi sejak Februari 2009, misalnya, beberapa di antaranya berbentuk agak lonjong. Ukurannya juga lumayan besar, sedikit lebih kecil daripada bola pingpong. Diperlukan dua atau tiga kali gigitan untuk menghabiskan sebutir mochi.

Isinya variatif. Ada kacang asin, wijen putih, wijen hitam, teh hijau, kacang hijau, pandan, kacang merah, dan abon ayam. Tak hanya sebagai isian, kacang tanah, wijen, kacang asin, dan abon ayam juga menjadi pelapis mochi, menggantikan ”bedak” tepung maizena. Wujudnya jadi menggemaskan!

Mochi Mochi menyodorkan identitas mochi khas Taiwan. Pemiliknya, Rudyanto Indra atau Atet, belajar membuat mochi Taiwan di negara asalnya sembari bersekolah (1999-2006). ”Ciri khas mochi Taiwan, isinya mencapai 20-an jenis,” ujar Atet.

Namun, untuk menyesuaikan rasa dengan lidah orang Indonesia, Atet sejauh ini baru menyajikan 9 rasa, beberapa di antaranya adalah hasil inovasi sendiri, seperti abon ayam. ”Idenya karena melihat roti abon yang sangat laku di pasaran,” kata Atet. Dalam waktu dekat akan menyajikan rasa baru, cokelat.

Mochi rata-rata memiliki daya tahan 3 hari. Adapun mochi kacang hijau hanya tahan sehari. Namun, daya tahannya bisa bertambah hingga seminggu jika disimpan di kulkas.

Dingin-dingin empuk

Jika ingin mencicipi sensasi lain dari mochi, cobalah yang berisi es krim. Beberapa gerai, misalnya

Halaman:
Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.