Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos Kartel Meksiko Tewas Ditembak

Kompas.com - 11/12/2010, 04:55 WIB

MEXICO CITY, KOMPAS.com - Bos kartel obat bius La Familia, Nazario Moreno, tewas dalam bentrokan dengan pasukan keamanan Meksiko di negara bagian Michoacan, kata seorang pejabat pemerintah, Jumat (10/12).

Moreno, salah satu dari dua pemimpin kartel obat bius yang sangat kuat, ditembak mati Kamis oleh polisi di Apatzingan. Lima petugas polisi juga tewas dalam serangkaian tembak-menembak dengan kaki tangan dan pengawal La Familia, kata juru bicara pemerintah Alejandro Poire.

"Berbagai sumber dan informasi yang diperoleh dari operasi itu sepakat bahwa Nazario Moreno Gonzalez, juga dikenal sebagai 'El Chayo' atau 'The Doctor,' pemimpin utama dan salah satu pendiri La Familia, ditembak mati kemarin," kata juru bicara masalah keamanan dalam sebuah pesan yang dibacakan kepada wartawan.

Moreno merupakan satu di antara 24 pemimpin kartel obat bius paling dicari di Meksiko, dan pemerintah menjanjikan hadiah 2,4 juta dollar AS untuk kepalanya. Selasa lalu, pihak berwenang Meksiko menangkap bos La Familia yang lain Jose Antonio Arcos, salah satu penjahat obat bius paling dicari di Meksiko. Arcos juga dicari di Amerika Serikat.

Setidaknya 11 orang, termasuk lima polisi, tiga warga sipil dan tiga anggota geng, tewas dalam bentrokan itu, kata Poire.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com