India Gagal Uji Senjata Rudal Nuklir

Kompas.com - 10/12/2010, 22:22 WIB
EditorBenny N Joewono

BHUBANESWAR, KOMPAS.com — India, Jumat (10/12/2010), gagal melakukan uji senjata versi upgrade rudal balistik Agni-II jarak menengah yang berkemampuan nuklir.

"Agni-II plus dari darat ke darat itu ditembakkan dari sebuah peluncur mobile di Pulau Wheeler, di lepas pantai barat negara bagian Orissa, tetapi segera jatuh ke laut tak lama setelah ditembakkan," kata sumber tersebut.

Hal itu tidak segera jelas mengapa uji rudal itu gagal. Rudal itu memiliki dua tingkat, keduanya didorong oleh propelan padat.

Mampu membawa hulu ledak konvensional atau nuklir 1 ton, Agni-II adalah salah satu dari serangkaian rudal yang dikembangkan sebagai strategi pencegahan terhadap dua negara tetangga bersenjata nuklir, yakni China dan Pakistan.

Agni-II memiliki jangkauan normal 2.000-2.500 kilometer (1.250-1.500 mil) dan India telah berhasil menguji sebuah varian Agni-III dengan jangkauan hingga 3.000-3.500 kilometer.

Peng-upgrade-an Agni-II plus memiliki sistem navigasi yang diperbaiki dan bertujuan untuk menjembatani kesenjangan antar-kedua rudal dengan kisaran jarak 2.500-3.000 kilometer.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.