Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Palestina: Israel Tolak Perdamaian

Kompas.com - 08/12/2010, 10:05 WIB

RAMALLAH, KOMPAS.com — Pemerintah Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menolak perdamaian, kata seorang pejabat Palestina kepada AFP, setelah Washington mengatakan bahwa pihaknya gagal membujuk Israel memperbarui pembekuan pembangunan permukiman Yahudi. "Dengan menolak untuk memberikan jawaban yang jelas kepada Amerika Serikat, Israel menolak membekukan pembangunan permukiman dan memberi kesempatan bagi perdamaian di wilayah itu," kata pejabat tersebut, yang minta tak disebut namanya.

AS, Selasa (7/12/2010), menghentikan permintaan kepada Israel untuk memperpanjang pembekuan pembangunan permukiman Yahudi di Tepi Barat Sungai Yordan sehingga melemparkan perundingan Palestina-Israel ke dalam kekacauan yang lebih dalam. Presiden Barack Obama memimpin peluncuran kembali perundingan langsung di Washington pada September lalu, hanya untuk melihat mereka macet dalam beberapa pekan ketika Israel moratorium permukiman Israel berakhir dan Palestina menolak untuk kembali ke meja perundingan.

Gedung Putih dan Departemen Luar Negeri, Selasa, mengungkapkan, beberapa minggu upaya untuk menengahi pembekuan pemukiman baru dan menyadarkan perundingan perdamaian telah sia-sia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com