Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Siap Jadi Bagian Solusi

Kompas.com - 08/12/2010, 03:43 WIB

Nusa Dua, Kompas - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan akan menggelar pertemuan bilateral dengan Presiden Korea Selatan Lee Myung-bak sebelum pembukaan Bali Democracy Forum III di Nusa Dua, Bali, Kamis (9/12). Indonesia siap mendengar langsung apa yang menjadi dasar keprihatinan Korea Selatan, sekaligus menjadi bagian dari solusi untuk mendukung terciptanya stabilitas Semenanjung Korea.

”Kita akan dengar secara langsung dari Presiden Korsel tentang keprihatinan negaranya, termasuk peran apa yang bisa dilakukan Indonesia,” kata Marty di Nusa Dua, Selasa (7/12).

Marty menyatakan, pascaserangan dua pekan lalu, Indonesia telah berbicara dengan sejumlah pihak, antara lain Menteri Luar Negeri Korsel, Menlu China, dan Duta Besar Korea Utara, mengenai kasus dan sikap mereka atas kasus itu. Ditegaskan, Indonesia mempunyai hubungan bersahabat dengan semua pihak terkait konflik di Semenanjung Korea. Maka dari itu, Pemerintah RI merasa punya cukup kemampuan untuk saling mengomunikasikan keprihatinan tiap-tiap pihak.

Ditegaskan, sikap Indonesia itu akan diambil tanpa mengabaikan fakta bahwa telah jatuh korban di kalangan sipil sehingga yang bertanggung jawab harus tetap memikul tanggung jawab. Sebab, Indonesia menentang penggunaan kekuatan maupun kekerasan yang melanggar prinsip-prinsip piagam PBB.

Seruan China untuk menghidupkan kembali Pembicaraan Enam Pihak, menurut Marty, belum menemui kata sepakat karena ada pihak yang merasa waktunya belum tepat. Saat ini yang dibutuhkan adalah pembicaraan yang sifatnya sangat informal, setahap demi setahap.

”Yang paling minimalis adalah menciptakan stabilitas di kawasan itu. Jangan sampai siklusnya makin memburuk,” kata Marty.

Ia optimistis demokrasi yang memiliki prinsip dialog, saling menghormati, akan mampu menyelesaikan masalah pelik, seperti konflik antara Korea Selatan dan Korea Utara. (BEN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com