Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

44 Imigran Ilegal Ditangkap di Indramayu

Kompas.com - 04/12/2010, 14:18 WIB

CIREBON, KOMPAS.com — Sebanyak 44 orang imigran ilegal asal Iran ditangkap di perairan pantai Indramayu, Sabtu (4/12/2010) dini hari. Para imigran gelap itu hendak berlayar ke Australia.

Menurut Kepala Kepolisian Resor Indramayu Ajun Komisaris Besar Rudi Setiawan, para imigran tertangkap ketika hendak naik dari kapal kecil ke kapal besar yang akan mengangkut mereka ke Australia.

Mereka dianggap telah masuk ke wilayah negara Indonesia tanpa izin dan tidak memiliki dokumen resmi yang jelas. Para imigran ilegal itu datang dari Jakarta ke Indramayu dengan jalur darat, lalu akan melanjutkan perjalanannya ke Australia dengan jalur laut.

Hasil penelusuran, mereka tiba di Jakarta menggunakan pesawat yang berangkat dari Malaysia. "Mereka sudah diikuti oleh aparat kepolisian sejak dari Jakarta, dan rencananya memang ditangkap bersama dengan jaringan yang mengatur perjalanan para imigran ilegal," kata Rudi, yang menangkap imigran ilegal asal Iran itu di Dermaga Karangsong, Indramayu.

Dari 44 orang itu, 29 laki-laki dewasa, 6 perempuan dewasa, dan 9 anak-anak dan balita. Semuanya dalam kondisi sehat saat diidentifikasi dan ditampung sementara di Kantor Imigrasi Cirebon. Mereka didata identitas pribadinya, proses perjalanannya dari negara asal hingga tiba di Indonesia, dan alasan kepergiannya.

Kepala Kantor Imigrasi Cirebon LK Irademor Greg menjelaskan, setelah didata, para imigran ilegal itu akan dibawa dan ditampung di rumah detensi imigrasi yang ada di Jakarta. Pihaknya belum bisa memastikan sampai kapan pendataan bisa selesai karena terkendala bahasa. Hanya sebagian kecil imigran yang bisa berbahasa Inggris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com