Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Salju Masih Lumpuhkan Inggris Raya

Kompas.com - 04/12/2010, 09:14 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Beberapa hari ini Inggris mengalami hujan salju yang membuat transportasi negara itu terhambat dan membuat penerbangan di sejumlah bandara serta stasiun kereta api dibatalkan.

Bahkan, beberapa sekolah terpaksa meliburkan murid-muridnya. Mahasiswa Indonesia juga tidak dapat ke kampus dan para pekerja pun bolos, sedangkan mereka yang berencana bepergian harus mengurungkan niatnya.

Temperatur sepanjang Kamis di beberapa wilayah, antara lain, di bagian utara pulau Inggris, membeku sampai -14 derajat celsius. Bila berlanjut hingga hari ini, ketebalan salju diperkirakan bisa mencapai 30 cm.

Badan meteorologi setempat memperkirakan, temperatur bahkan bisa anjlok sampai -25 derajat C hingga -20 derajat C di beberapa wilayah di Skotlandia. 

Kepolisian Inggris menganjurkan agar orang tidak usah bepergian jika tidak diperlukan, khususnya di kawasan yang terkena hujan salju lebat, seperti Skotlandia dan beberapa kawasan di sebelah utara Inggris.

Bandara Gatwick ditutup hingga Jumat karena salju turun setebal 15 cm. Bahkan di beberapa tempat di sekitar Bandara Gatwick, Surrey, salju mencapai 25 cm. "Kami berupaya semaksimal mungkin agar bisa kembali beroperasi," kata juru bicara Bandara Gatwick.

Peringatan tentang salju yang masih akan turun dikeluarkan di Skotlandia serta beberapa wilayah lain, antara lain, di London, Yorkshire, serta di Inggris utara ataupun di kawasan barat daya dan timur laut.

Sementara layanan kereta api Eurostar yang menghubungkan London dan Brussel membatalkan sebagian layanannya, termasuk dari London ke Paris. Menurut BBC, lebih dari 250.000 anak sekolah Skotlandia diliburkan dan beberapa di antaranya mungkin akan ditutup hingga akhir pekan ini.

Diperkirakan, sekitar 1.500 dari total 2.722 sekolah ditutup karena salju yang datang lebih awal tahun ini dibanding tahun sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com