Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Bantah Gelar Rudal Nuklir

Kompas.com - 01/12/2010, 19:19 WIB

MOSKOW, KOMPAS.com - Kepala Staf Umum Angkatan Bersenjata Rusia membantah rumor media, bahwa Rusia telah menggelar rudal nuklir jarak dekatnya di dekat perbatasannya dengan negara-negara NATO.

Surat kabar Wall Street Journal dalam sebuah artikel yang disiarkan Selasa (30/11/2010) mengatakan, AS meyakini Rusia memindahkan sejumlah hulu ledak nuklir taktis jarak dekatnya ke fasilitas-fasilitas dekat sekutu NATO dalam musim semi baru-baru ini.

"Kami tidak mengusung rudal apapun di wilayah Kaliningrad," kata Jenderal Nikolai Makarov, mengomentari laporan itu.

Moskow sejak lama menentang penggelaran fasilitas pertahanan rudal NATO di dekat perbatasannya, dengan mengklaim mereka akan mengancam keamanan dan merusak strategi keseimbangan pasukan di Eropa.

AS menghapus rencana-rencana sebelumnya pada September lalu untuk penempatan sistem pertahanan antirudal di Republik Czech dan Polandia.

Moskow menyambut baik langkah itu. Presiden Dmitry Medvedev mengatakan, Rusia akan mencabut rencana untuk menggelar rudal taktis Iskander-M di Wilayah Kaliningrad, yang berbatasan dengan para anggota NATO, Polandia dan Lithuania.

Sistem Iskander-M (NATO melaporkan dengan nama SS-26 Stone) dilengkapi dengan dua propelan padat tingkat satu 9M723K1 rudal berpemandu dengan kemampuan kuasi-balistik.

Rudal ini memiliki jangkauan 400 km (250 mil) dan dilaporkan dapat membawa hulu ledak konvensional dan nuklir.

Namun, Washington tidak menyerah pada inisiatif perisai rudal Eropa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com