Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korut Sebenarnya Enggak Penting

Kompas.com - 30/11/2010, 20:53 WIB

KOMPAS.com — Buka-bukaan ala WikiLeaks saat ini menyenggol hubungan Korea Utara dan China. Pada September tahun lalu, diketahui kalau Wakil Menteri Luar Negeri China He Yafei tak menganggap penting kunjungan Perdana Menteri Wen Jiabao ke Pyongyang.

Kepada Wakil Menteri Luar Negeri Amerika Serikat James Steinberg, Yafei mengatakan,”Kami bisa saja tak suka dengan Pyongyang. Tapi, mereka kan tetangga China,” kata Yafei sebagaimana warta AP dan AFP, Selasa (30/11/2010).

Yang menarik, WikiLeaks bocor di tengah-tengah menghangatnya perseteruan duo Korea. Pemerintah Amerika mengatakan, ulah Wikileaks itu merupakan serangan terhadap masyarakat dunia. Namun, kemitraan yang dibangun selama ini dapat bertahan menghadapi tantangan itu.

China mendesak Amerika untuk menangani isu yang relevan. Demikian menurut pejabat departemen luar negeri.

Teleks lain menyebutkan tentang perundingan pada Februari 2010 antara mantan Wakil Menteri Luar Negeri Korea Selatan Chung Yung-woo dan Duta Besar Amerika untuk Korsel Kathleen Stephens.

Chung Yung-woo dilaporkan mengatakan bahwa generasi muda pimpinan China tidak lagi menganggap Korea Utara sebagai sekutu yang berguna dan dapat diandalkan.Yung-woo juga mengatakan, generasi itu tidak akan mengambil risiko konflik bersenjata lagi di semenanjung Korea.

"Yung-woo juga memperkirakan bahwa Korea Utara secara ekonomi telah ambruk dan akan jatuh secara politis dalam dua atau tiga tahun setelah kematian Kim Jong-il. Ini terjadi walaupun Kim berusaha mendapat bantuan China untuk memuluskan suksesi putranya," tulis Kathleen Stephens.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com