Korut Sebenarnya Enggak Penting

Kompas.com - 30/11/2010, 20:53 WIB
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com — Buka-bukaan ala WikiLeaks saat ini menyenggol hubungan Korea Utara dan China. Pada September tahun lalu, diketahui kalau Wakil Menteri Luar Negeri China He Yafei tak menganggap penting kunjungan Perdana Menteri Wen Jiabao ke Pyongyang.

Kepada Wakil Menteri Luar Negeri Amerika Serikat James Steinberg, Yafei mengatakan,”Kami bisa saja tak suka dengan Pyongyang. Tapi, mereka kan tetangga China,” kata Yafei sebagaimana warta AP dan AFP, Selasa (30/11/2010).

Yang menarik, WikiLeaks bocor di tengah-tengah menghangatnya perseteruan duo Korea. Pemerintah Amerika mengatakan, ulah Wikileaks itu merupakan serangan terhadap masyarakat dunia. Namun, kemitraan yang dibangun selama ini dapat bertahan menghadapi tantangan itu.

China mendesak Amerika untuk menangani isu yang relevan. Demikian menurut pejabat departemen luar negeri.

Teleks lain menyebutkan tentang perundingan pada Februari 2010 antara mantan Wakil Menteri Luar Negeri Korea Selatan Chung Yung-woo dan Duta Besar Amerika untuk Korsel Kathleen Stephens.

Chung Yung-woo dilaporkan mengatakan bahwa generasi muda pimpinan China tidak lagi menganggap Korea Utara sebagai sekutu yang berguna dan dapat diandalkan.Yung-woo juga mengatakan, generasi itu tidak akan mengambil risiko konflik bersenjata lagi di semenanjung Korea.

"Yung-woo juga memperkirakan bahwa Korea Utara secara ekonomi telah ambruk dan akan jatuh secara politis dalam dua atau tiga tahun setelah kematian Kim Jong-il. Ini terjadi walaupun Kim berusaha mendapat bantuan China untuk memuluskan suksesi putranya," tulis Kathleen Stephens.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.