Aparat Sebar Peringatan Ancaman Bromo

Kompas.com - 28/11/2010, 02:44 WIB
EditorJimmy Hitipeuw

PROBOLINGGO, KOMPAS.com - Sehubungan dengan penetapan Status Awas Gunung Bromo, Pemerintah Kabupaten Probolinggo mulai menyebarkan selebaran peringatan ancaman Letusan Gunung Bromo kepada warga. Selebaran diberikan agar warga tetap waspada namun juga bersiap-siap jika sewaktu-waktu mereka harus dievakuasi.

"Selebaran peringatan ancaman letusan Gunung Bromo mulai diberikan pada warga mulai akhir pekan kemarin. Selebaran ini kami bagi kepada para ketua RT serta kami tempel di tempat-tempat umum dan strategis," kata Supoyo, Kepala Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo , Sabtu (27/11/2010) malam di Pura Dusun Cemaralawang, Desa Ngadisari, Probolinggo.

Dalam selebaran tersebut disebutkan, masyarakat sekitar Gunung Bromo pada radius sekitar 3 kilometer hingga 10 kilometer diharapkan tetap tenang dan waspada. Meski demikian, mereka diharapkan mengikuti petunjuk dan instruksi dari pemerinta h terkait peningkatan aktivitas Gunung Bromo.

Selanjutnya, jika sewaktu-waktu terdengar peringatan untuk evakuasi berupa sirine atau bunyi kentongan bersahut-sahutan, maka warga diharapkan segera membawa barang- barang penting dan mengikuti petunjuk petugas evakuasi.

"Arah evakuasi adalah ke Pos Tanggap Darurat di Desa Sukapura, Kecamatan Sukapura. Petugas evakuasi akan mengarahkan warga ke sana. Saat evakuasi, kami himbau warga agar tetap mengutamakan keselamatan," ucapnya.

Sampai dengan Minggu (28/11/2010) dini hari, kondisi Gunung Bromo tetap berstatus Awas. Meski dalam intensitas kecil, letusan terus-menerus terjadi. 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.