Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aparat Sebar Peringatan Ancaman Bromo

Kompas.com - 28/11/2010, 02:44 WIB

PROBOLINGGO, KOMPAS.com - Sehubungan dengan penetapan Status Awas Gunung Bromo, Pemerintah Kabupaten Probolinggo mulai menyebarkan selebaran peringatan ancaman Letusan Gunung Bromo kepada warga. Selebaran diberikan agar warga tetap waspada namun juga bersiap-siap jika sewaktu-waktu mereka harus dievakuasi.

"Selebaran peringatan ancaman letusan Gunung Bromo mulai diberikan pada warga mulai akhir pekan kemarin. Selebaran ini kami bagi kepada para ketua RT serta kami tempel di tempat-tempat umum dan strategis," kata Supoyo, Kepala Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo , Sabtu (27/11/2010) malam di Pura Dusun Cemaralawang, Desa Ngadisari, Probolinggo.

Dalam selebaran tersebut disebutkan, masyarakat sekitar Gunung Bromo pada radius sekitar 3 kilometer hingga 10 kilometer diharapkan tetap tenang dan waspada. Meski demikian, mereka diharapkan mengikuti petunjuk dan instruksi dari pemerinta h terkait peningkatan aktivitas Gunung Bromo.

Selanjutnya, jika sewaktu-waktu terdengar peringatan untuk evakuasi berupa sirine atau bunyi kentongan bersahut-sahutan, maka warga diharapkan segera membawa barang- barang penting dan mengikuti petunjuk petugas evakuasi.

"Arah evakuasi adalah ke Pos Tanggap Darurat di Desa Sukapura, Kecamatan Sukapura. Petugas evakuasi akan mengarahkan warga ke sana. Saat evakuasi, kami himbau warga agar tetap mengutamakan keselamatan," ucapnya.

Sampai dengan Minggu (28/11/2010) dini hari, kondisi Gunung Bromo tetap berstatus Awas. Meski dalam intensitas kecil, letusan terus-menerus terjadi. 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com