Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Letusan Bromo Belum Berdampak ke Permukiman Tengger

Kompas.com - 27/11/2010, 15:46 WIB

PROBOLINGGO, KOMPAS.com - Kendati kawah Gunung Bromo telah meletus beberapa kali sejak Jumat (26/11) petang, permukiman Tengger di Kabupaten Malang dan Kabupaten Probolinggo tetap bersih dari abu ataupun bau belerang. Warga pun beraktivitas seperti biasa.

Dalam pantauan Kompas, Sabtu (27/11), tidak ada bau belerang maupun hujan abu di Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. Demikian pula di Dusun Cemorolawang, Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo.

Asap hanya terlihat kelabu membumbung dari kawah ke arah barat daya. Namun, PMI Kabupaten Malang tetap menyosialisasikan jalur pengungsian dan membagikan 2.000 masker kepada ketua-ketua RT di dua dusun - Ngadas dan Jarak Ijo, Desa Ngadas.

Selain itu, menurut Camat Poncokusumo, Kabupaten Malang Dwi Ilham, jika terjadi bencana, sudah disiapkan pengungsian di rest area Desa Gubugklakah Poncokusumo. Kalau tidak cukup, masih ada lapangan Wringinanom yang bisa dimanfaatkan. Kedua tempat pengungsian ini berjarak 10 km dari Gunung Bromo.

"PMI Kabupaten Malang menyiapkan dua truk dan ada pula 12 kendaraan station milik warga yang bisa digunakan bila kondisi darurat," kata dr Abdurrahman dari PMI Kabupaten Malang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com