Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Castro Ceramahi Pakar Amerika Latin

Kompas.com - 25/11/2010, 18:06 WIB

KOMPAS.com — Menjadi orang di belakang layar rupa-rupanya membuat mantan Pemimpin Kuba Fidel Castro sedikit jengah. Makanya, tatkala kesempatan itu datang, Castro, kemarin, berbicara tiga jam lamanya di hadapan para pakar Amerika Latin.

Sebagaimana warta Xinhua dan televisi pemerintah NNTV, Havana memang tengah menjadi tuan rumah forum diskusi bertajuk Amerika Latin dan Karibia. Castro, kata media-media itu, berbicara mengenai isu-isu terkait krisis ekonomi internasional, kemungkinan perang di Timur Tengah, serta kemungkinan integrasi negara-negara Amerika Latin. 

Penyelenggara forum diskusi itu adalah institusi budaya Casa de las Americas. Para pakar yang hadir dalam kesempatan itu berasal dari Meksiko, Argentina, Venezuela, dan Spanyol.

Seusai undur diri lantaran sakit sejak empat tahun silam, Fidel Castro muncul kali pertama lagi di publik pada Juli 2010. Gaek berusia 84 tahun itu tak hanya meladeni wawancara dengan media massa. Ia juga berjumpa dengan tokoh-tokoh dari berbagai komunitas di Kuba. Seakan tak pernah padam semangatnya, Castro bahkan sempat menulis dua memoar tatkala dirinya ikut perang gerilya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com