Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Transaksi Hewan Kurban Turun Rp 6 Miliar

Kompas.com - 23/11/2010, 17:05 WIB

BANTUL, KOMPAS.com - Dibandingkan tahun lalu transaksi hewan kurban di Bantul tahun ini turun sekitar Rp 6 miliar. Salah satu penyebabnya adalah berkurangnya jumlah hewan kurban akibat tekanan ekonomi yang kian berat.

"Tahun ini transaksi hewan kurban diperkirakan mencapai Rp 31 miliar. Perkiraan tersebut berdasarkan jumlah hewan yang sudah disembelih. Berdasarkan catatan kami ada 3.928 ekor domba, 2.582 ekor kambing, dan 2.515 ekor sapi," kata Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Kehutanan Bantul, drh Sri Budoyo, Selasa (23/11/2010).

Dengan asumsi harga sapi di kisaran Rp 9 juta, kambing Rp 1,3 juta dan domba Rp 1,2 juta ma ka perkiraan transaksi mencapai Rp 31 miliar. Tahun lalu transaksi hewan kurban mencapai Rp 37 miliar. Angka itu meliputi 2.753 ekor sapi, 4.540 ekor kambing, dan 5.462 ekor domba.

Semakin sulitnya kondisi ekonomi yang dihadapi masyarakat menjadi salah satu penyebab menurunnya kemampuan untuk berkurban. Hal itu terlihat pada penurunan yang cukup drastis pada kambing dan domba, yang selama ini menjadi andalan masyarakat kelas menengah untuk berkurban karena harganya lebih terjangkau.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com