Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

42 Demonstran Anti NATO Ditahan

Kompas.com - 21/11/2010, 07:25 WIB

LISABON, KOMPAS.com - Polisi Portugal menahan 42 demonstran anti-Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) yang telah merintangi jalan di dekat tempat pertemuan puncak aliansi militer itu di Lisabon, Sabtu.

"Mereka telah ditahan untuk dikenali identitasnya. Itu adalah aksi ketidakpatuhan sipil. Mereka telah merintangi sebuah jalan raya yang menuju ke arah tempat itu. Tidak ada kekerasan," kata seorang jurubicara polisi, Sabtu (20/11/2010).

Pengamanan yang ketat selama dua hari pertemuan puncak NATO diwarnai dengan berbagai aksi unjuk rasa damai.

Para pengunjuk rasa dari Portugal, negara-negara Eropa lainnya serta Kanada menggelar pernyataan: "Kami akan menggunakan ketidaktundukan sipil untuk menyoroti kekerasan yang telah dilakukan NATO di Afghanistan. Mereka bertemu di sini hari ini untuk menyempurnakan senjata penghancuran mereka."

Pasukan keamanan juga telah melarang lebih dari 200 orang masuk Portugal sejak Selasa, ketika pemeriksaan perbatasan dengan mitra EU Spanyol, dilakukan untuk pertama kalinya sejak 2004, guna mencegah kekerasan pada saat pertemuan puncak itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com