Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disita, 300 Kg Heroin dalam Kereta Api

Kompas.com - 20/11/2010, 05:19 WIB

DUSHANBE, KOMPAS.com - Agen-agen Tajikistan dan Rusia menyita sekitar 300 Kg heroin Afghanistan. Ini disebut sebagai penyitaan narkotika terbesar yang ditujukan ke Rusia melewati Tajikistan, kata beberapa pejabat pelaksana undang-undang anti-narkoba Tajikistan, Jumat (19/11/2010).

Obat bius yang murah harganya itu dikirim ke Rusia, selanjutnya ke Eropa melalui tetangga Afghanistan yang miskin, Tajikistan, dan melintasi perbatasan yang keropos dari negara-negara Asia Tengah lainnya.

Badan pelaksana perundangan anti-obat bius itu mengatakan, dalam kerjasama dengan rekan-rekannya dari Rusia, mereka berhasil menyita lebih dari 118 Kg heroin di sebuah kereta api menuju ke Rusia di Tajikistan utara.

Menurut mereka, obat bius itu disembunyikan dalam peti kayu dengan (buah) kesemek. Hampir 180 Kg heroin telah disita sebelumnya pada saat kedatangannya di St Peterburg, kota terbesar kedua Rusia.

"Kira-kira harga narkoba yang disita itu melebihi satu juta dolar, tapi jika penjualan ecerannya di Rusia harganya dapat mencapai puluhan kali lebih," kata badan Tajikistan itu.

Bulan lalu agen-agen Rusia dan Amerika Serikat menghancurkan empat laboratorium obat bius dan hampir satu ton heroin dalam operasi bersama di Afghanistan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com