Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PBB Sambut Baik Penarikan Pasukan Israel

Kompas.com - 19/11/2010, 16:49 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki-moon menyambut baik keputusan pemerintah Israel menarik pasukan dari sebagian wilayah Ghajar.

Wilayah ini terletak di sebuah desa di perbatasan Israel dan Lebanon yang merupakan wilayah netral, yang ditentukan PBB.

Michael Williams, koordinator khusus PBB untuk Lebanon mengatakan usai mengikuti pertemuan dengan Dewan Keamanan PBB, penarikan akan menjadi langkah penting.

"Penarikan pasukan Israel akan menjadi langkah penting menuju implementasi penuh resolusi PBB yang mengakhiri perang 2006 antara Israel dan militan Hizbullah di Libanon," kata Williams.

Ban mengatakan, Perserikatan Bangsa Bangsa akan terus melakukan kerjasama dengan pihak-pihak yang terkait.

"PBB akan terus bekerja sama secara erat dengan semua pihak dalam proses selanjutnya untuk menentukan status akhir Ghajar," kata Ban.

Selain Ghajar, Israel juga menduduki Dataran Tinggi Golan, wilayah Israel yang berbatasan dengan Suriah. Israel menduduki Ghajar dan Dataran Tinggi Golan, dalam perang pada 1967.

Penduduk Ghajar pada 1981 mendapatkan kewarganegaraan Israel, namun mereka menganggap diri sendiri sebagai warga Suriah.

Israel sempat menyingkir dari Ghajar utara pada 2000, yang menandai pendudukan selama 22 tahun di Lebanon selatan.

Namun Israel menduduki Ghajar 2006 saat pasukan rezim itu berperang melawan Hizbullah, kelompok yang memiliki perwakilan menteri di pemerintahan Lebanon.

Dalam pernyataannya, Sekjen Ban Ki-moon memuji semua pihak atas komitmen mereka menjalankan Resolusi DK-PBB 1701.

Sekjen menekankan tekad dan komitmen PBB untuk memajukan pelaksanaan resolusi secara penuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com