Kapal Kargo China Hilang di Okinawa

Kompas.com - 11/11/2010, 15:17 WIB
EditorEgidius Patnistik

BEIJING, KOMPAS.com - Sebuah kapal kargo China hilang di lepas pantai Pulau Okinawa, Jepang dan orang-orang yang selamat dari kapal itu telah ditemukan, kata media negara Kamis (11/11). Berita tersebut disiarkan oleh kantor berita China, Xinhua, tanpa memberikan rincian lain.

Okinawa merupakan tempat terdekat dari perairan itu, yang diklaim kedua pihak, dan menjadi tempat terjadinya tabrakan antara kapal pukat harimau China dengan kapal penjaga pantai Jepang pada September lalu, yang kemudian memicu terjadinya sengketa diplomatik.

Sementara itu, pasukan penjaga pantai Jepang mengaku telah membocorkan video tabrakan antara sebuah kapal penangkap ikan China dan kapal patroli Jepang yang disiarkan di internet. Tindakan itu dianggap dapat menyakiti upaya memperbaiki hubungan, kata media domestik, Rabu.

Hubungan antara dua negara ekonomi terkuat Asia itu telah memanas sejak September, ketika Jepang menahan kapten kapal penangkap ikan China yang bertabrakan dengan kapal penjaga pantainya di dekat kepulauan yang disengketakan di Laut China Timur, lokasi kaya potensi cadangan minyak dan gas.

Seorang penjaga pantai telah mengaku membocorkan video tabrakan itu, kata penyiar NHK, mengutip para penyelidik. Beijing pekan lalu menyatakan prihatin kepada Jepang mengenai tayangan video tersebut, yang menunjukkan kapal China sedang digiring kapal patroli Jepang dan hal itu bisa memperkeras pendapat umum Jepang terhadap China. Nakhoda China ditahan atas insiden itu, tetapi kemudian dibebaskan, satu langkah yang membuat Perdana Menteri Naoto Kan dikecam keras.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X