Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Kristen Irak Jadi Sasaran Kekerasan

Kompas.com - 10/11/2010, 18:07 WIB
KOMPAS.com — Rentetan bunyi bom dan mortir masih bergemuruh di tiga lokasi berdekatan di barat Baghdad. Di ibu kota Irak itu, sebagaimana laporan AP dan AFP pada Rabu (10/11/2010), serangan menyasar warga Kristen Irak di Kamp Sara, Jalan Sinaa dan al-Ghadeer.
Total, serangan terjadi di enam distrik yang kebanyakan warganya adalah orang Kristen. Selain menelan korban jiwa, sedikitnya 24 orang terluka. ''Dua mortir dan 10 bom rakitan menyasar rumah warga Kristen di beberapa kawasan Baghdad antara 06.00 dan 08.00 (10.00 dan 12.00 WIB),'' kata pejabat Irak.
Warga Kristen Irak yang kebanyakan berasal dari bermacam aliran Nasrani kuno berbondong-bondong meninggalkan negara Timur Tengah tersebut sejak invasi militer pimpinan Amerika Serikat. Lebih kurang 600.000 jiwa warga Kristen masih bertahan.
Seorang sumber di kementerian dalam negeri Irak, yang dikutip Reuters tanpa menyebutkan jati dirinya, mengatakan, serangan-serangan tersebut terkait langsung dengan pendudukan katedral.
Tindak kekerasan berlangsung, sementara para elite politik mengakhiri perundingan tingkat tinggi tanpa kesepakatan mengenai cara menyelesaikan krisis politik di negara mereka. Para pemimpin politik Irak telah merundingkan pembentukan pemerintah baru sejak pemilihan umum pada bulan Maret.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com