Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bom Karbala Sudah Bunuh 10 Orang

Kompas.com - 08/11/2010, 21:03 WIB
KOMPAS.com — Kekerasan lagi-lagi melanda Karbala. Dalam hitungan tim penyelamat, tercatat lebih dari sepuluh orang tewas tatkala bom yang diarahkan pada sebuah bus pengangkut peziarah meledak pada Senin (8/11/2010).
Kelompok militan Sunni, sebagaimana warta AP dan AFP,  diduga melakukan aksi tersebut. Serangan ini terjadi sekitar 150 meter dari makam Imam Hussein, salah satu tempat yang dianggap paling suci.
Ratusan ribu peziarah Syiah dari Irak dan juga negara tetangga, Iran, setiap tahun mendatangi tempat-tempat suci di Irak.
Baghdad
Serangan hari ini terjadi hanya dua hari setelah 52 orang tewas ketika polisi menyerbu satu gereja di Baghdad yang digunakan untuk menahan para sandera.
Pekan lalu juga terjadi serangkaian serangan di sejumlah distrik Syiah di Baghdad yang menewaskan lebih dari 60 orang dan melukai ratusan lainnya.
Serangan bom mobil hari ini terjadi bertepatan dengan pertemuan para pemimpin Irak dalam rangka membentuk pemerintah baru. Perundingan ini diikuti oleh Perdana Menteri Nuri Al Maliki dan lawan politiknya, Iyyad Allawi.
Sejak pemilu Maret lalu, para pemimpin politik Irak tidak berhasil membentuk pemerintah. Konferensi ini diharapkan akan menghasilkan perjanjian pembagian kekuasaan untuk menentukan presiden, perdana menteri, dan ketua parlemen.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com