Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kodam Jaya Kerahkan Kendaraan Berat

Kompas.com - 08/11/2010, 20:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Komando Daerah Militer (Kodam) Jaya akan mengerahkan semua kendaraan berat untuk pengamanan Presiden AS Barack Obama selama di Jakarta.

"Kita kerahkan kendaraan berat untuk penyelamatan, semua kendaraan yang dimiliki Kodam Jaya akan kita kerahkan," ujar Pangdam Jaya Mayjen TNI Marciano Norman seusai bertemu Kapolda Metro Jaya Irjen Sutarman di Mainhall Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (8/11/2010).

Namun, Marciano mengaku belum mengetahui rute yang akan dilewati oleh Obama. "Nanti akan ada pemberitahuan dari Polda, kita gunakan jalur aman saja," katanya.

Jenderal bintang dua itu mengatakan akan melakukan koordinasi dengan Polda untuk pengamanan Obama.

Ketika ditanyakan apakah tentara akan lebih dominan dalam penjagaan Obama dibanding polisi, Marciano menuturkan, pihaknya mempunyai prosedur tersendiri. "Tentara itu ada protapnya," katanya.

Terkait dengan ancaman keamanan saat kedatangan Obama, Marciano menyatakan, pihaknya selalu mengantisipasi perkembangan situasi di lapangan. "Apa pun info yang diterima harus kita tanggapi sebaik-baiknya dan kita antisipasi," katanya. (Tribunnews/Ferdinand Waskita)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com