Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditemukan, Terowongan Narkoba Raksasa

Kompas.com - 04/11/2010, 13:45 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com — Polisi perbatasan Amerika Serikat telah menemukan sebuah terowongan canggih seluas enam kali lapangan sepak bola yang menghubungkan California Selatan dengan Meksiko. Terowongan itu diyakini telah digunakan oleh para pedagang obat bius.

Badan Perlindungan Pabean dan Perbatasan AS, Rabu (3/11/2010), mengatakan, terowongan itu menghubungkan gudang-gudang di Otay Mesa, California, dan Tijuana, Meksiko. Terowongan tersebut berukuran 1.800 kaki (550 meter) dan dilengkapi dengan sistem kereta api, pencahayaan dan ventilasi. Para agen juga menemukan lebih dari 20 ton ganja di terowongan itu.

Kartel-kartel narkoba Meksiko telah membor sejumlah terowongan di bawah perbatasan AS-Meksiko agar lolos dari pemeriksaan keamanan yang meningkat, antara lain di pelabuhan masuk dan tempat-tempat perlintasan.

Pada awal tahun 2006 agen-agen menemukan terowongan berukuran 2.400 kaki (731 meter) yang membentang di bawah jalur perbatasan yang sama ke Otay Mesa dari Tijuana. Terowongan itu tetap yang terluas yang pernah ditemukan hingga saat itu.

Tijuana merupakan jalan masuk utama bagi obat bius ke California dari Meksiko. Bulan lalu, pemerintah setempat telah menyita lebih dari 100 ton ganja bernilai lebih dari 340 juta dollar AS dalam tangkapan terbesar di Meksiko sampai waktu itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com