Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Kronologi Insiden Qantas

Kompas.com - 04/11/2010, 12:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Perhubungan, Kamis (4/11/2010) siang, memberikan keterangan resmi terkait pemberitaan pesawat milik maskapai penerbangan Australia, Qantas, yang sempat mengalami kegagalan mesin nomor dua yang terletak di bagian sayap kiri ketika melintasi wilayah Batam.

Menteri Perhubungan Freddy Numberi mengatakan, pesawat jenis A380 dengan nomor penerbangan QFA-32 rute London-Singapura-Sydney lepas landas dari Bandar Udara Internasional Changi pada pukul 09.00. Baru lepas landas lima menit, pesawat berpenumpang 469 orang tersebut mengalami masalah. Beberapa bagian mesin lepas dari badan pesawat.

Pesawat diputuskan untuk kembali ke Singapura atau return to base (RTB). Namun, mengingat bahan bakar masih penuh, maka pilot melakukan fuel dumping (menghabiskan bahan bakar) di atas perairan di sekitar poin HOSBA. Di sana, pesawat berputar-putar selama 90 menit.

Saat itu, pihak Singapura sempat melakukan kontak dengan otoritas Bandar Udara Hang Nadim, Batam. Setelah berputar-putar selama 90 menit, akhirnya pesawat berhasil mendarat dengan selamat pada pukul 10.46 di Changi. Semua penumpang selamat. Saat ini, Indonesia terus melakukan kontak dengan pihak Singapura.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com