Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengungsi Makin Jauhi Puncak Merapi

Kompas.com - 04/11/2010, 02:34 WIB

SLEMAN, KOMPAS.com - Gelombang pengungsi Merapi bertambah dan bergerak menuju tempat tempat lain yang letaknya ke arah selatan menjauhi puncak Merapi. Hal tersebut mulai terlihat setelah daerah rawan bencana Merapi ditambah dari 10 kilometer menjadi 15 kilometer.

Barak Candibinangun dan Pakembinangun (Kecamatan Pakem) yang adalah balai desa, dipenuhi 500 hingga 700-an warga. Tenda tenda di Lapangan depan balai Desa Candibinangun juga dituju. Di Barak Pakembinangun, Jalan Kaliurang Km17, juga ramai. SLB pakem di dekat Barak Pakembinangun juga ada 100-an pengungsi. SD Kiyaran yang menjadi tempat kedua pengungsi Barak Wukirsari, Cangkringan juga dijubeli pengungsi.

SD Pandanpuro 2 di Dusun Ponggol Hargobinangun kondisinya serupa. Gedung Olahraga kampus UII (jalan kaliurang km 14,5) juga dijubeli 200 warga, yang kebanyakan dari barak Hargobinangun, Jalan Kaliurang Km 21 atau sekitar 13 km dari puncak merapi.

Balai Desa Argomulyo yang merupakan desa paling selatan di Kecamatan Cangkringan, juga dipenuhi pengungsi. Bahkan Balai Desa Sinduharjo, Kecamatan Ngaglik, Jalan Kaliurang Km 10 sudah disiapkan, dan hingga Kamis (4/11/2010) pukul 00.00 tadi, sudah ada 10 pengungsi. Rumah rumah warga di Pakem juga banyak dijadikan tempat mengungsi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com