Pengungsi Makin Jauhi Puncak Merapi

Kompas.com - 04/11/2010, 02:34 WIB
EditorTri Wahono

SLEMAN, KOMPAS.com - Gelombang pengungsi Merapi bertambah dan bergerak menuju tempat tempat lain yang letaknya ke arah selatan menjauhi puncak Merapi. Hal tersebut mulai terlihat setelah daerah rawan bencana Merapi ditambah dari 10 kilometer menjadi 15 kilometer.

Barak Candibinangun dan Pakembinangun (Kecamatan Pakem) yang adalah balai desa, dipenuhi 500 hingga 700-an warga. Tenda tenda di Lapangan depan balai Desa Candibinangun juga dituju. Di Barak Pakembinangun, Jalan Kaliurang Km17, juga ramai. SLB pakem di dekat Barak Pakembinangun juga ada 100-an pengungsi. SD Kiyaran yang menjadi tempat kedua pengungsi Barak Wukirsari, Cangkringan juga dijubeli pengungsi.

SD Pandanpuro 2 di Dusun Ponggol Hargobinangun kondisinya serupa. Gedung Olahraga kampus UII (jalan kaliurang km 14,5) juga dijubeli 200 warga, yang kebanyakan dari barak Hargobinangun, Jalan Kaliurang Km 21 atau sekitar 13 km dari puncak merapi.

Balai Desa Argomulyo yang merupakan desa paling selatan di Kecamatan Cangkringan, juga dipenuhi pengungsi. Bahkan Balai Desa Sinduharjo, Kecamatan Ngaglik, Jalan Kaliurang Km 10 sudah disiapkan, dan hingga Kamis (4/11/2010) pukul 00.00 tadi, sudah ada 10 pengungsi. Rumah rumah warga di Pakem juga banyak dijadikan tempat mengungsi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.