Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

B2W Indonesia Ajak Warga Gunakan Sepeda

Kompas.com - 29/10/2010, 16:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Akibat banjir beberapa hari lalu, ruas jalan utama di wilayah Jakarta dan sekitarnya dilanda banjir dan macet parah. Keadaan tersebut semakin memperparah buruknya sistem transportasi di Jakarta.

Untuk bisa mengatasi masalah tersebut, Komunitas Pekerja Bersepeda (Bike to Work/B2W) Indonesia mengajak masyarakat untuk mengganti kendaraan bermotor dengan sepeda.   Terkait dengan itu, B2W akan mengadakan acara sepeda bersama yang bertajuk "Kelap-Kelips", Jumat (29/10/2010) malam ini.

Kegiatan ini, menurut Ketua Umum B2W Indonesia Toto Sugito, sudah dilakukan delapan kali. "Kegiatan ini merupakan agenda bulanan yang menjadi kegiatan rutin kampanye mengajak masyarakat untuk menggunakan sepeda ke tempat kerja atau beraktivitas," ujar Toto.

Acara tersebut akan dihadiri sekitar 300 pesepeda dengan beragam jenis sepeda, mulai dari sepeda gunung (MTB), sepeda lipat, Fixie, onthel, BMX, Downhill, dan Low Rider.

Tempat start kegiatan gowes bersama itu di fX Lifestyle X’nter di Jalan Sudirman, Jakarta, pada pukul 19.00 WIB.

Rute yang akan dilalui yaitu Jalan Sudirman – Bundaran Hotel Indonesia – Bundaran Ratu Plaza – Hang Lekir – Gudeg Kandjeng – Rumah Sakit Pusat Pertamina – dan berakhir di Rumah Sepeda Indonesia di Jalan Ahmad Dahlan, Jakarta.

"Kami sangat prihatin dengan adanya musibah banjir yang baru-baru ini melanda wilayah Jakarta dan sekitarnya. Tentu banyak faktor yang menyebabkan hal itu terjadi. Salah satunya curah hujan yang sangat tinggi, namun daerah resapan air yang kurang terorganisir dengan baik. Belum lagi kondisi jalan di Jakarta yang hampir setiap harinya dipenuhi oleh kendaraan bermotor dari pagi hingga malam hari, otomatis membuat lalu lintas macet total," ujar Toto Sugito.

Selain melakukan kampanye penggunaan sepeda sebagai alat transportasi alternatif, B2W juga memfasilitasi kegiatan ini sebagai ajang silaturahim dengan sesama pesepeda.

Selain silaturahim, juga dilakukan pemberian materi pengetahuan tentang keamanan bersepeda di jalan raya.

 

 

 

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com