Mantan Presiden Argentina Meninggal

Kompas.com - 28/10/2010, 05:02 WIB
Editoryuli

BUENOS AIRES, KOMPAS.com - Mantan Presiden Argentina, Nestor Kirchner, suami Presiden Argentina saat ini, Cristina Kirchner, meninggal mendadak akibat serangan jantung pada Rabu (27/10/2010).

Keduanya sedang berada di rumah keluarga dekat kota El Calafate, di bagian selatan Argentina ketika mantan presiden itu menderita sakit pada bagian dada dan dibawa ke satu klinik.

Dokter resmi Kirchner, Luis Buonomo, mengatakan mantan pemimpin itu yang berusia 60 tahun, menderita serangan jantung dan meninggal.

Ia akan mendapat penghormatan negara sebelum dimakamkan. Jasadnya akan disemayamkan di istana kepresidenan pada Kamis (28//10/2010) di Buenos Aires, kata Menteri Tanaga Kerja Carlos Tomada.

Bendera di luar istana diturunkan setengah tiang pada Rabu dan satu pesan yang ditinggalkan seseorang di gerbang istana tertulis: "Semoga Tabah Ibu Presiden."

Kirchner, seorang milyuner dengan kekayaan sekitar 11 juta dolar, menjadi presiden Argentina pada 2003-2007, ketika istrinya terpilih menggantikannya. Sejak Mei ia menjabat kepala Persatuan Bangsa-Bangsa Amerika Selatan. Kirchner telah menderita gangguan jantung dan menjalani dua operasi tahun ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.