Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantan Presiden Argentina Meninggal

Kompas.com - 28/10/2010, 05:02 WIB

BUENOS AIRES, KOMPAS.com - Mantan Presiden Argentina, Nestor Kirchner, suami Presiden Argentina saat ini, Cristina Kirchner, meninggal mendadak akibat serangan jantung pada Rabu (27/10/2010).

Keduanya sedang berada di rumah keluarga dekat kota El Calafate, di bagian selatan Argentina ketika mantan presiden itu menderita sakit pada bagian dada dan dibawa ke satu klinik.

Dokter resmi Kirchner, Luis Buonomo, mengatakan mantan pemimpin itu yang berusia 60 tahun, menderita serangan jantung dan meninggal.

Ia akan mendapat penghormatan negara sebelum dimakamkan. Jasadnya akan disemayamkan di istana kepresidenan pada Kamis (28//10/2010) di Buenos Aires, kata Menteri Tanaga Kerja Carlos Tomada.

Bendera di luar istana diturunkan setengah tiang pada Rabu dan satu pesan yang ditinggalkan seseorang di gerbang istana tertulis: "Semoga Tabah Ibu Presiden."

Kirchner, seorang milyuner dengan kekayaan sekitar 11 juta dolar, menjadi presiden Argentina pada 2003-2007, ketika istrinya terpilih menggantikannya. Sejak Mei ia menjabat kepala Persatuan Bangsa-Bangsa Amerika Selatan. Kirchner telah menderita gangguan jantung dan menjalani dua operasi tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com