Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hukuman Mati untuk Tariq Aziz

Kompas.com - 26/10/2010, 17:06 WIB
KOMPAS.com — Mahkamah Agung Irak menjatuhkan hukuman mati untuk mantan Menteri Luar Negeri (menlu) Irak Tariq Aziz. Sebagaimana warta media AP dan AFP pada Selasa (26/10/2010), Aziz adalah orang terdekat Saddam Hussein kala itu.
Dia dinyatakan bersalah berkaitan dengan kebijakan menelikung partai-partai keagamaan, kata pernyataan. Aziz menjabat menteri luar negeri dan wakil perdana menteri Irak. Dia juga menjadi penasihat penting Saddam Hussein. Sebelumnya, dia sudah dinyatakan bersalah atas keterlibatannya dan eksekusi puluhan pedagang yang melakukan tindakan spekulasi.
Aziz, yang lahir pada 1936, dilaporkan sedang sakit keras setelah mengalami stroke. 'Mahkamah Pidana Tertinggi mengeluarkan perintah eksekusi terhadap Tariq Aziz atas perannya dalam menghapuskan partai-partai keagamaan,' lapor televisi negara Irak.
Aziz, yang penganut Kristen, menyerah kepada pasukan Amerika Serikat pada 2003 tidak lama setelah Baghdad jatuh ke tangan pasukan koalisi pimpinan AS yang menyerbu Irak. Pada 2009, dia dihukum kurungan 15 tahun atas dakwaan terkait eksekusi 42 pedagang Irak.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com