Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Bolivia Lakukan Pembicaraan Final

Kompas.com - 26/10/2010, 03:37 WIB

Presiden Bolivia Evo Morales, Minggu (24/10), tiba di Teheran dalam kunjungan tiga hari ke Iran.

Agenda Morales di Iran adalah melakukan pembicaraan final dengan para pejabat Iran, khususnya Presiden Mahmoud Ahmadinejad, soal rencana investasi Iran di sektor tekstil dan mineral senilai 287 juta dollar AS di Bolivia.

Iran-Bolivia juga dijadwalkan menandatangani kesepakatan kerja sama di bidang transfer teknologi, produksi semen, dan pengadaan pangan.

Pada kunjungan Ahmadinejad ke Bolivia tahun 2009, Iran-Bolivia telah menyetujui membangun proyek bersama bernilai 1,1 miliar dollar AS selama lima tahun.

Kunjungan Morales itu hanya kurang dari sepekan dari kunjungan pemimpin Amerika Latin lainnya, Presiden Venezuela Hugo Chavez ke Iran. Saat berkunjung, Chavez mengkritik tatanan dunia sekarang, yang dianggap sudah ketinggalan zaman.

Poros tandingan

Kunjungan Morales dan Chavez ke Iran itu memberi pesan bahwa ada poros lain yang kini cukup efektif menggalang solidaritas, melawan dominasi AS dan Barat saat ini.

Poros tandingan itu yang mengusung ideologi neo-sosialis (Amerika Latin) dan Islamis (Iran/Timur Tengah), bukan sekadar wacana, melainkan sudah menjelma menjadi kekuatan konkret secara ekonomi ataupun politik di tingkat regional ataupun internasional.

Iran sadar membangun poros yang hanya mengandalkan ideologi atau kepentingan politik sesaat adalah omong kosong pada zaman sekarang, tanpa didukung kerja sama ekonomi yang kuat.

Itulah yang mendorong Iran sebagai kekuatan ekonomi di Timur Tengah membuat program aksi di sejumlah negara Amerika Latin.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com