Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Balita dan Lansia Mulai Dievakuasi

Kompas.com - 25/10/2010, 18:34 WIB

SLEMAN, KOMPAS.com — Evakuasi warga khususnya bayi di bawah lima tahun (balita) dan kaum lansia mulai dilakukan, Senin (25/10/2010). Sekitar pukul 14.00, serombongan keluarga dari Kaliurang dibawa menggunakan mobil Satkorlak PBA Sleman ke barak pengungsian di Hargobinangun.

Jumlahnya belum terlalu banyak, sekitar 25 orang warga yang berasal dari Kaliurang Barat, Kaliurang Timur, dan Dusun Boyong yang terletak di bibir aliran Kali Boyong yang berhulu di Merapi.

Sementara itu, di lokasi penampungan Kepuharjo telah datang warga dari tiga desa di Cangkringan, yaitu dari Kaliadem, Petung, dan Popeng. Sedangkan situasi di Kaliurang semakin sore terlihat makin lengang.

Jumlah bayi balita, ibu menyusui, dan orang lansia dari tiga wilayah ini sekitar 50 orang. Mereka diangkut menggunakan satu truk, satu mobil Kijang, dan satu minibus.

Rombongan ini membawa serta perbekalan darurat untuk menginap di barak darurat pengungsian. Hanya warga setempat yang bertahan, didampingi tim Search and Rescue (SAR) Kaliurang, anggota Polri/TNI, dan kelompok jurnalis yang memantau situasi di sejumlah lokasi. Konsentrasi persiapan manajemen bencana terpusat di Vila Taman Eden, Pakem. (Tribunnews.com/Setya Krisna)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com