Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

YouTube Diminta Singkirkan Video Militan

Kompas.com - 25/10/2010, 14:32 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com — Seorang anggota Kongres AS dari New York mengirim surat kepada Chief Executive YouTube, Minggu (24/10/2010), untuk meminta perusahaan itu menghapus semua video yang menampilkan Anwar Al-Awlaki, yang disebut anggota kongres itu sebagai Bin Laden di internet.

Anggota Kongres Partai Republik, Anthony Weiner, itu membuat permintaan tersebut sehari setelah kemunculan secara online video baru Al-Awlaki. Ulama Yaman-Amerika dan militan itu telah dikaitkan dengan teroris Al Qaeda di Yaman, di mana dia diyakini bersembunyi. Weiner mengatakan, ratusan video Al-Awlaki tersedia di YouTube, dengan total gabungan pengunjung mencapai lebih dari 3,5 juta.

"Seorang teroris terkenal bernama Anwar Al-Awlaki, dijuluki sebagai 'Bin Laden-Internet', telah menggunakan YouTube untuk mempromosikan ideologi ekstremisnya dan merekrut generasi baru teroris. Saya meminta Anda untuk menghapus semua video yang menampilkan Anwar Al-Awlaki dari situs web Anda dan mengatur perlindungan untuk mencegah video berikutnya di-posting, " tulis Weiner ke Chad Hurley, Chief Executive YouTube.

CNN melaporkan, seorang pejabat di YouTube tidak segera bisa dihubungi untuk dimintai komentarnya, Minggu.

Para pejabat Amerika mengatakan, Al-Awlaki membantu merekrut Umar Farouk Abdulmutallab, pria Nigeria yang didakwa telah mencoba meledakkan sebuah pesawat Northwest Airlines trans-Atlantik saat mendarat di Detroit, Michigan, pada Hari Natal tahun lalu. Al-Awlaki juga dikatakan saling mengirim e-mail dengan terdakwa penembakan di Fort Hood, Mayor Nidal Hasan. Para pejabat AS telah mengonfirmasi bahwa ia berada dalam daftar CIA dan militer yang harus ditangkap atau dibunuh.

"Saya memahami YouTube merupakan sebuah rumah transaksi gagasan dan bahwa perusahaan Anda bertujuan untuk tidak melanggar kebebasan berbicara, tetapi pesan Al-Awlaki, yang dipromosikan melalui YouTube, telah menyebabkan kekerasan dan merupakan ancaman terhadap keamanan Amerika," tulis Weiner. "Saya meminta Anda menghapus orang ini dan retorika kebenciannya dari situs web Anda karena ia menimbulkan bahaya yang jelas dan nyata untuk warga Amerika."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com