Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Didesak Buat Jalur Sepeda

Kompas.com - 24/10/2010, 18:39 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Selain ramah lingkungan, sepeda menjadi salah satu moda transportasi yang murah, aman, dan nyaman. Tak heran, saat ini banyak masyarakat yang mulai beralih menggunakan sepeda sebagai alat transportasi.

Hal itu bisa dilihat dari banyaknya pengguna sepeda, baik perorangan maupun yang tergabung dalam komunitas di kota-kota besar di Indonesia, termasuk Jakarta. Untuk itu, Komite Sepeda Indonesia (KSI) pun terus berupaya mendorong pemerintah agar membuat jalur khusus sepeda di semua kota besar di Indonesia.

Ketua Umum KSI Syahrul Effendi mengatakan, pihaknya juga menginginkan adanya hari bersepeda nasional yang direkomendasikan setiap tanggal 17 Juli. Pada tanggal itu, Syahrul menjelaskan, pihaknya berharap masyarakat tidak menggunakan kendaraan bermotor, tetapi beralih menggunakan sepeda. Saat ini, KSI juga tengah memperjuangkan aplikasi Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Keselamatan dan Keamanan Pesepeda.

"Kami juga mengupayakan adanya car free day di seluruh Indonesia karena kegiatan itu terbukti dapat mengurangi gas buang yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor," ujar Syahrul saat pelantikan Dewan Pimpinan Pusat Komite Sepeda Indonesia, Minggu (24/10/2010) di Hotel Sultan.

Syahrul mengatakan, komitmen ini juga didukung oleh Kementerian Lingkungan Hidup. KSI juga mendorong masyarakat untuk bersepeda sebagai upaya menghindari dari segala bencana yang diakibatkan pemanasan global.

"KSI sebagai organisasi kemasyarakatan diharapkan mampu memperbaiki kualitas udara," kata Syahrul, yang juga menjabat Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan ini.

Syahrul menambahkan, pengguna sepeda di Indonesia akan mendapatkan jaminan keselamatan berupa asuransi kecelakaan. "Salah satu program KSI juga memberikan pelayanan asuransi kecelakaan bagi pesepeda di Indonesia," ujarnya.

Ketua Dewan Pembina KSI Gamawan Fauzi mengatakan, dengan adanya UU Nomor 22 Tahun 2009, pemerintah memang diwajibkan melindungi hak-hak pejalan kaki dan pesepeda. Untuk itu, pemerintah daerah dapat menyediakan ruang bagi mereka.

"Bersepeda juga bermanfaat bagi kepentingan lingkungan dan transportasi karena mengurangi penggunaan bahan bakar," kata Gamawan Fauzi yang saat ini menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri.

Dalam acara pelantikan DPP KSI, Gamawan melantik Syahrul Effendi sebagai Ketua Umum dan Dimas Kinasih sebagai Wakil Ketua Umum. Di jajaran para ketua, di antaranya, Heru Bambang duduk sebagai Ketua Departemen Lingkungan Hidup, Nizarman Aminuddin sebagai Ketua Departemen Litbang dan Teknologi, serta Kamsul Hassan sebagai Ketua Departemen Informasi dan Komunikasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com