Saling Cinta, Bocah Imut Ini Bertunangan

Kompas.com - 22/10/2010, 04:42 WIB
Editoryuli

KOMPAS.com — Pernikahan anak dikutuk oleh kelompok hak asasi manusia internasional. Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) bahkan merekomendasikan agar saban negara mengadopsi aturan bahwa usia minimum menikah adalah 18 tahun, baik laki-laki maupun perempuan.

Tetapi di Suriah, ada orangtua pihak pria dan perempuan sama-sama setuju anak mereka bertunangan pada usia yang sangat belia. Ini mungkin akan tercatat dalam rekor dunia karena calon mempelai pria, Khalid, masih berumur lima tahun.

Sementara calon istrinya, Hala, masih tiga tahun. Jadi, kedua bocah itu masih dapat digolongkan sebagai anak di bawah lima tahun, biasa disingkat sebagai balita.

Orangtua kedua mempelai tidak hanya menanggapi serius, tetapi bahkan mengatur seremoni dan membelikan cincin pertunangan untuk saling bertukar layaknya calon pengantin dewasa.

Kata orangtuanya, Khalid dan Hala memutuskan pertunangan itu atas kehendak bebas mereka meskipun mereka baru akan menikah setidaknya 10 tahun lagi.

"Kami tahu, Khalid dan Hala mungkin berubah pikiran nanti, tapi apa yang kami ketahui saat ini adalah bahwa mereka sangat bahagia dan bercengkerama setiap hari," ujar Juma, ayah si Khalid, kepada Gulf News. "Khalid menunggu berusia 15 tahun untuk menikahi Hala."

Dikisahkan, Khalid bertemu dan jatuh cinta pada Hala ketika sedang berlibur di Lattakia, kawasan pantai Mediterania Suriah.

Khalid diduga kasmaran ketika kembali ke rumahnya di kota Homs, sekitar 100 mil di utara Damaskus, ibu kota Suriah. Ia ngambek jika Hala tidak berada di dekatnya.

"Khalid bilang kepada saya dan ibunya, dia ingin tinggal bersama Hala atau membawanya ke rumah di Homs," kata Juma.

Alih-alih menganggap ini sekadar cinta monyet, orangtua Khalid justru menelepon orangtua Hala untuk meminta pendapatnya.

"Dia bilang, anak perempuannya menunjukkan gejala serupa karena merasa sendiri, dan keluarganya akan sangat bahagia jika mereka bertunangan," lanjut Juma.

Khalid adalah anak tunggal setelah 20 tahun perkawinan Juma. Saat mengalami kesulitan selama hamil, ibunya bersumpah bahwa jika anaknya lelaki, dia akan ditunangkan pada usia lima tahun dan akan menikahkannya dengan perempuan pilihannya saat anak lelakinya berusia 15 tahun.

Kini, sumpah itu jadi kenyataan. Khalid, si lelaki dari Homs itu, sudah jatuh cinta di usia lima tahun.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X