Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Si Cebol, Roh Kartel Sinaloa

Kompas.com - 21/10/2010, 11:44 WIB

KOMPAS.com - Otoritas berwenang Meksiko, Rabu (20/10), mengumumkan, kartel Sinaloa adalah pemilik 135 ton ganja yang disita di perbatasan dengan Amerika Serikat. Beberapa unit kendaraan pengangkut ganja juga disita. Sebanyak 11 kurir yang terlibat pun ditahan.

”Ganja yang disita merupakan yang terbesar dalam sejarah Meksiko dan dikemas dengan baik, siap dijual dan didistribusikan,” kata Alejandro Poire, juru bicara keamanan.

Poire melanjutkan, ”Ada tanda-tanda kalau ganja ini milik organisasi Pasifik.” Kartel Pasifik adalah nama lain geng Sinaloa yang dipimpin buronan Meksiko paling dicari saat ini, Joaquin Guzman Loera alias El Chapo (Si Cebol).

Sebanyak 134 ton ganja dan 11 tersangka ditangkap dalam sebuah operasi gabungan tentara dan polisi, Selasa (19/10). Lokasi sasaran tidak jauh dari Tijuana, ibu kota Negara Bagian Baja California, di perbatasan dengan AS. Petugas sempat terlibat baku tembak dengan 11 pedagang. Saat itu, sejumlah kendaraan pengangkut 15.000 paket ganja beriring-iringan saat menyeberang ke AS, tetapi dicegat.

Jenderal Alfonso Duarte Mujica, seorang pejabat militer Meksiko, mengatakan, harga barang haram tersebut kalau dijual di pinggir jalan di Meksiko sekitar 335 juta dollar AS. Di AS, harganya bisa tiga kali lipat.

Lari dari penjara Kartel Sinaloa dan Guzman adalah dua entitas yang terkait. Sinaloa sebenarnya adalah nama salah satu dari 31 negara bagian di Meksiko yang terletak di bagian barat laut dan berhadapan dengan Samudra Pasifik. Culiacan adalah ibu kota Sinaloa. Sinaloa, yang juga menjadi nama sungai besar.

Aktivitas utama warga Sinaloa di sektor pertanian, perikanan, peternakan, perdagangan, dan industri. Namun, ganja dan opium juga dibudidayakan besar-besaran di wilayah itu. Bertempat di daerah subur ganja itu, pada tahun 1989, Hector Palma Luis Salazaralias El Guero dan Guzman alias El Chapo mendirikan organisasi ”hitam” bernama kartel Sinaloa.

Basis utama operasi kartel Sinaloa, yang juga dijuluki kartel Cuzman Loera, meliputi Sinaloa, Baja California, Durango, Sonora, Chihuahua.

Tindak kejahatannya yang paling menonjol adalah perdagangan narkoba, pencucian uang, penculikan, pembunuhan, perdagangan senjata ilegal, dan pemerasan.

Kartel Sinaloa memiliki lahan ganja di Tijuana dan menguasai jalur perdagangan laut menuju California, AS.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com