PM Irak Berkunjung ke Iran, Allawi Berang

Kompas.com - 19/10/2010, 03:48 WIB
Editor

Teheran, Senin - PM Irak Nouri Al Maliki, Senin (18/10), tiba di Teheran, Iran, dalam rangkaian lawatan ke sejumlah negara untuk mencari dukungan. Al Maliki menemui Presiden Suriah Bashar Assad di Damaskus pada Sabtu dan Raja Abdullah II di Amman pada Minggu lalu.

Pemimpin Koalisi Daftar Irak Iyad Allawi (saingan utama Al Maliki) dua pekan lalu juga mengadakan lawatan ke sejumlah negara, yang meliputi Mesir, Suriah, Kuwait, dan Arab Saudi.

Dua tokoh Irak ini sedang memperebutkan jabatan perdana menteri. Allawi dan Al Maliki memilih meminta dukungan regional. Perundingan internal di antara kekuatan-kekuatan politik di Irak selama ini gagal mencapai kesepakatan soal penentuan pejabat PM Irak mendatang meski pemilu legislatif negara itu telah berlalu tujuh bulan lalu.

Pemilu legislatif Irak pada 7 Maret lalu menghasilkan tiga kekuatan besar, yaitu Koalisi Daftar Irak pimpinan Iyad Allawi (91 kursi), Koalisi Negara Hukum pimpinan Nouri Al Maliki (89 kursi), dan Koalisi Nasional Irak pimpinan Ammar Hakim (70 kursi).

Harian Inggris, The Guardian, Senin (18/10), mengungkapkan, Iran berhasil memengaruhi perundingan di balik layar dengan sejumlah kekuatan politik regional agar Nouri Al Maliki bisa menjabat kembali sebagai PM.

Menurut harian itu, Iran telah melakukan pembicaraan rahasia dengan Suriah, Hezbollah, faksi-faksi Kurdi di Irak, dan sejumlah kekuatan politik Syiah.

Iran juga berhasil memecah barisan Koalisi Nasional Irak pimpinan Ammar Hakim. Koalisi Nasional Irak kini terpecah antara kubu Al Sadr pimpinan Moqtada Al Sadr yang mendukung Nouri Al Maliki dan Majelis Tinggi Islam pimpinan Ammar Hakim, pendukung Allawi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kekalahan AS

Harian itu mengatakan, keberhasilan Iran itu merupakan kekalahan strategis AS di Irak.

Dukungan besar kepada Al Maliki membuat berang Iyad Allawi, yang menuduh Iran menggoyang stabilitas di Irak dan Timur Tengah dengan melakukan manuver dalam politik di Irak.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.