Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembebasan Gilad Shalit Dilanjutkan?

Kompas.com - 17/10/2010, 21:36 WIB

JERUSALEM, KOMPAS.com - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu Minggu mengatakan, perundingan bertujuan membebaskan Gilad Shalit, yang ditangkap Hamas di Gaza dilanjutkan kembali.

"Kontak-kontak untuk pembebasan Gilad Shalit telah dilanjutkan. Masih ada banyak yang diupayakan," kata Netanyahu kepada Radio Angkatan Darat, Minggu (17/10/2010).

Seorang pejabat Israel mengkonfirmasikan dengan syarat tidak disebut namanya, upaya-upaya untuk membebaskan Gilad Shalit terus berlangsung, namun juga menolak memberikan penjelasan lebih lanjut.

Juru bicara Hamas menolak memberikan komentar mengenai pernyataan Netanyahu itu.

Kelompok garis keras itu dan kelompok gerilyawan Palestina menangkap Shalit, dalam serangan lintas perbatasan yang mematikan pada Juni 2006.

Kelompok-kelompok tersebut meminta ratusan tawanan Palestina, termasuk tokoh-tokoh pejuang, sebagai penukar untuk pembebasannya.

Israel telah berjuang untuk mencapai kesepakatan melalui perantaraan Mesir dan Jerman, namun perundingan-perundingan terhenti akhir tahun lalu ketika Hamas menolak untuk secara resmi menanggapi tawaran Israel itu.

Masing-masing pihak telah saling mempersalahkan atas kegagalan perundingan-perundingan itu.

Ayah Shalit, Noam, yang juga diwawancara radio angkatan bersenjata itu, mengatakan dia tidak tahu adanya perundingan-perundingan baru dengan Hamas tersebut.

"Tidak ada kemajuan dan segala sesuatunya terkendala. Ada upaya-upaya, namun tidak ada yang baru, karena pada akhirnya, perdana menteri yang harus mengambil hak untuk memutuskan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com