Astronot China Belum Pernah ke LN

Kompas.com - 16/10/2010, 12:41 WIB
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com — Dua astronot China, Nie Haiseng dan Zhai Zhigang, yang berkunjung ke Indonesia sejak 13 Oktober hingga 23 Oktober 2010 ternyata belum pernah menggelar kunjungan ke luar negeri. Hal ini dikatakan oleh Duta Besar RRC untuk Indonesia, Zhang Qiyue, saat acara tatap muka antara siswa SMP se-Jabodetabek dengan dua antariksawan China di PPIPTEK, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Sabtu (16/10/2010).

"Antariksawan kami tidak pernah berkunjung keluar negeri. Ini kali pertama mereka mengadakan kunjungan ke luar negeri," kata Zhang.

Indonesia merupakan negara luar pertama yang mereka kunjungi. Alasannya, menurut Zhang, China menganggap Indonesia sebagai negara yang spesial.

"Indonesia merupakan negara sahabat kami sejak lama. China sudah bersahabat dengan Indonesia dari 1.000 atau 2.000 tahun lalu saat ada pelaut utusan China yang dikirim ke sini," ungkapnya.

Kedatangan dua astronot China beserta kapal pemantau satelit Yuangwang 5 ini, selain untuk merayakan 60 tahun hubungan Indonesia-China, juga untuk berbagi pengalaman kepada para siswa dan ilmuwan Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.