Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Yunani Bertindak Tegas

Kompas.com - 14/10/2010, 20:34 WIB

KOMPAS.com -  Polisi Yunani menembakkan gas air mata dan melabrak demonstrasi pekerja yang menduduki kawasan monumen kuno Acropolis di Athena. Mereka memprotes pemerintah lantaran gaji yang belum dibayar dan PHK. Gambar-gambar yang ditayangkan televisi memperlihatkan polisi mengejar karyawan kementerian kebudayaan di sekitar monumen peradaban kuno Yunani tersebut.

Puluhan karyawan menutup kompleks Acropolis Rabu (14/10/2010) pagi dan menuntut gaji yang belum dibayarkan selama dua tahun. Mereka mendirikan barikade di dalam kawasan monumen, mengunci pintu gerbang dan menolak turis yang hendak masuk.

Demonstran mengatakan mereka berniat memblokade Acropolis, salah satu daya tarik wisata ternama Yunani, hingga 31 Oktober.

Di samping tunggakan gaji, massa pekerja juga marah bahwa sekitar 320 staf temporer akan kehilangan pekerjaan mereka ketika kontrak mereka berakhir pada akhir bulan.

Salah seorang pekerja yang ikut mogok, Nikos Hasomeris, sebelumnya memperingatkan pihak berwenang agar tidak menerobos paksa blokade. "Semua kolega kami mendukung kami, sehingga monumen tidak akan buka hari ini apa pun yang terjadi," kata Hasomeris kepada salah satu stasiun televisi Yunani seperti dikutip kantor berita AFP.

Namun, polisi yang mengenakan perlengkapan antihuru-hara Kamis pagi setelah pengadilan menyatakan demonstran menghambat akses ke situs kuno Acropolis.

Rekaman video menunjukkan polisi memasuki situs dari pintu samping. Mereka menggunakan gas air mata untuk membubarkan demonstran, dan wartawan yang berkumpul di gerbang utama.

Yunani mengalami gelombang pemogokan dan demonstrasi terkait langkah penghematan yang harus diterima pemerintah Yunani agar bisa menerima dana talangan dalam jumlah besar dari negara-negara zona euro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com