Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Tak Berawak AS Tewaskan 5 Orang

Kompas.com - 14/10/2010, 02:42 WIB

MIRANSHAH, KOMPAS.com - Serangan pesawat tak berawak AS terhadap sebuah bangunan di kawasan suku baratlaut Pakistan pada Rabu (13/10/2010) menewaskan sedikitnya lima militan.

Sasaran serangan itu adalah sebuah rumah di desa Inzarkas, Dattakhel, sekitar 35 kilometer sebelah barat Miranshah, kota utama di Waziristan Utara.

"Pesawat tak berawak itu menembakkan dua rudal ke sebuah rumah, sedikitnya lima militan tewas," kata seorang pejabat intelijen di Miranshah.

Seorang pejabat keamanan lain di Peshawar juga mengkonfirmasi serangan itu dan jumlah kematian tersebut.

Serangan itu merupakan yang terakhir dari serangkaian operasi AS di kawasan tersebut, yang diyakini ditujukan pada gerilyawan Taliban dan Al-Qaeda yang merencanakan serangan-serangan di Eropa.

Penduduk di Miranshah mengatakan, pesawat-pesawat tak berawak masih terbang di kawasan tersebut, sementara militan mengitari daerah itu setelah serangan tersebut.

Seorang pejabat keamanan di Peshawar mengatakan, sebuah kendaraan yang diparkir di luar rumah itu juga hancur dalam serangan tersebut.

Perdana Menteri Pakistan Yousuf Raza Gilani mengatakan Selasa, serangan-serangan pesawat tak berawak AS di wilayah Pakistan "kontra-produktif".

"Kami telah berhasil mengisolir militan dan orang suku setempat, karena kami ingin orang suku lokal mendukung kami, namun ketika terjadi serangan pesawat tak berawak, hal itu menyatukan mereka lagi (orang suku dan militan)," katanya.

Para pejabat AS mengobarkan perang dengan pesawat tak berawak terhadap para komandan Taliban dan Al-Qaeda di kawasan suku baratlaut, tempat militan bersembunyi di kawasan pegunungan yang berada di luar kendali langsung pemerintah Pakistan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com