Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepuluh Pekerja Berhasil Dikeluarkan

Kompas.com - 13/10/2010, 20:06 WIB

SAN JOSE, KOMPAS.com — Sepuluh pekerja dari total 33 pekerja tambang yang terjebak di kedalaman 625 meter di bawah tanah berhasil ditarik keluar.

Para pekerja tambang ini total terjebak selama 70 hari di bawah tanah. Alex Vega Salazar (31) merupakan pekerja kesepuluh yang menghirup udara bebas.

"Ini merupakan kebesaran Tuhan. Di bawah sana seperti di neraka. Namun, Tuhan selalu besertaku. Tuhan selalu melindungi aku," demikian puji-pujian meluncur dari mulut Mario Sepulveda begitu menghirup udara bebas.

Inilah kronologi peristiwa pengangkatan para pekerja tambang tersebut.

1. Pada pukul 12.04 waktu setempat, Florencio Avalos (31) dipilih sebagai orang pertama karena memiliki kondisi paling baik.

2. Pada pukul 01.10, Mario Sepulveda Espina (40) yang membuat masyarakat Cile optimistis karena kiriman videonya dari bawah tanah.

3. Pada pukul 0208, Juan Illanes (52), status menikah, mantan prajurit yang berhasil memotivasi rekan-rekannya agar tidak panik saat menunggu pertolongan.

4. Pada pukul 03.09, Carlos Mamani (24), warga Bolivia yang hijrah ke Cile untuk mencari pekerjaan. Presiden Bolivia Evo Morales berjanji akan memberi pekerjaan pria muda ini apabila selamat.

5. Pada pukul 04.10, Jimmy Sanchez (19) merupakan pekerja termuda dan ayah seorang bayi usia 1 bulan.

6. Pada pukul 05.34, Osman Isidro Araya (30), ayah tiga anak yang berniat berhenti dari pekerja tambang bulan Agustus lalu karena terlalu berisiko.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com