Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kakak Tertua Pun "Cemburu"

Kompas.com - 12/10/2010, 20:20 WIB

KOMPAS.com - Bak cerita film kungfu, suksesi di Korea Utara (Korut) pun menuai seteru. Adalah televisi Jepang yang mewartakan aroma "cemburu" tatkala Kim Jong-un ditahbiskan menjadi penerus kepemimpinan pemimpin Korut Kim Jong-il. Korut, yang dikenal sangat tertutup, menggelar parade militer besar-besaran pada Minggu (10/10/2010), yang dihadiri oleh Kim Jong-un.

Sebagaimana warta Kyodo pada Selasa (12/10/2010), Kim Jong-nam, si sulung putra Kim Jong-il menyatakan ketidaksetujuannya dengan suksesi ala dinasti tersebut. "Secara pribadi saya menentang pengalihan kekuasaan kepada generasi ketiga di keluarga saya," kata Kim Jong-nam yang sekarang menetap di Macao tersebut.

Catatan menunjukkan, Kim Jong-nam yang sempat digadang-gadang menjadi "Korut 1" itu sempat tersandung masalah. Lantaran masuk ke Jepang dengan paspor palsu pada 2001, Kim Jong-il urung menyerahkan "mahkota" kepada Kim Jong-nam, si kakak tertua.

Jadilah, para pengamat mencium bau "cemburu" itu. Meski, dalam wawancara tersebut, Kim Jong-nam mengaku siap membantu adiknya itu. "Saya bantu semampu saya meski saya berada di luar negeri," kata Kim Jong-nam menegaskan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com