Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiru Perlawanan Havel

Kompas.com - 11/10/2010, 03:37 WIB

Hukuman penjara bagi peraih Hadiah Nobel Perdamaian 2010 Liu Xiaobo (54) berawal dari gagasan membuat Piagam 08 (Charter 08). Ini adalah manifesto politik yang menuntut berbagai perubahan mendasar dalam sistem dan kebijakan politik rezim otoriter di China.

Piagam itu menuntut kebebasan berekspresi, hak asasi manusia, penegakan aturan hukum, dan demokrasi konstitusional. Namun, pembuatan piagam tersebut membuat Liu dituduh berniat menjatuhkan Pemerintah China.

Piagam 08 disusun berdasarkan Piagam 77 (Charter 77 atau Charta 77 dalam bahasa Ceko dan Slowakia), yang dibuat oleh para aktivis prodemokrasi di era Cekoslowakia, Januari 1977. Piagam tersebut memiliki arti penting dalam sejarah dan merupakan embrio perlawanan masyarakat sipil terhadap rezim totalitarian komunis, yang saat itu sedang di puncak keemasannya di Eropa Timur.

Penggagas Piagam 77 adalah lima orang intelektual Cekoslowakia, yakni Vaclav Havel (penulis), Jan Patocka (ahli filsafat), Zdenek Mlynar (penulis dan ahli hukum), Jiri Hajek (politisi dan diplomat), dan Pavel Kouhout (novelis dan penyair).

Piagam tersebut berisi uraian kondisi sosial politik yang sarat tindakan represi serta pemberangusan kebebasan berekspresi dan hak asasi manusia oleh pemerintah komunis di bawah kepemimpinan Alexander Dubcek.

Salinan naskah asli, termasuk versi ketikan asli dalam bahasa Inggris, bisa dibaca di laman Perpustakaan Libri Prohibiti (http://libpro.cts.cuni.cz)

Salah satu pemicu pembuatan Piagam 77 adalah keikutsertaan Cekoslowakia menandatangani Perjanjian Helsinki 1975, yang bertujuan meningkatkan hubungan Blok Barat dan Blok Timur. Perjanjian itu antara lain menuntut penghormatan terhadap hak asasi manusia dan kebebasan beragama.

Namun, negara komunis, termasuk Cekoslowakia, melanggar janji untuk melindungi hak-hak dasar tersebut. Kebebasan berekspresi lewat musik pun diberangus. Penulis musik asal AS, Richie Unterberger, dalam salah satu artikel di www.richieunterberger.com, menyebutkan, salah satu pemicu pembuatan Piagam 77 adalah penangkapan anggota band Plastic People of the Universe, yang mendapat pengaruh dari Velvet Underground-nya Andy Warhol, pada tahun 1976.

Di dalam uraian naskah aslinya disebutkan, Piagam 77 bukan organisasi yang berniat melakukan aktivitas oposisi politik. ”Piagam 77 adalah asosiasi rakyat yang bebas, informal, dan terbuka, yang mendesak penghormatan terhadap hak-hak sipil dan manusia di negara kita dan di seluruh dunia,” demikian salah satu bunyi piagam.

Draf manifesto tersebut mulai diedarkan untuk ditandatangani sejak pertengahan tahun 1976 hingga 1989.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com