Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RI Catat Rekor Dunia Bakar 101.010 Sate

Kompas.com - 10/10/2010, 22:12 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com - Indonesia mencatatkan dirinya di dalam Guinness Book of World Records sebagai pembakar sate terbanyak di dunia, yakni 101.010 tusuk. Sate-sate ini yang dibakar serentak oleh 1800 orang di Garuda Wisnu Kencana (GWK), Jimbaran, Bali, Minggu (10/10/2010) sore.

Jumlah ini memecahkan rekor sebelumnya di Brunei Darussalam yang hanya membakar 75.000 tusuk sate tahun lalu. Jumlah sate dalam pemecahan rekor ini disesuaikan dengan tanggal “keramat” 10 bulan 10 tahun 2010.

Uniknya lagi, seluruh pembakar sate mengenakan baju batik dari berbagai macam motif. Selain mencatat rekor baru ini, pihak Guinnes Book of World Records pun memuji penampilan para pembakar sate tersebut.

“Saya mengucapkan selamat kepada Indonesia yang telah berhasil memecahkan rekor penyajian sate terbanyak di dunia dengan cara yang unik, melibatkan banyak orang yang bangga akan makanan khas negaranya, busana negaranya, dan mengenalkannya kepada dunia,” ujar Lucia Sinigagliesi, perwakilan Guinnes Book of World Records.

Untuk membuat 101.010 tusuk sate ini dibutuhkan 1,8 ton sapi. Sementara pemecahan rekor sate terbanyak ini sekaligus untuk mempromosikan salah satu kuliner khas Indonesia kepada dunia internasional.

Rencananya 101.010 sate yang sudah matang ini akan dibagi-bagikan kepada ratusan penjual sate, sekolah-sekolah di Bali yang sudah terdaftar dan masyarakat sekitar GWK.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com